8.1 C
New York
Monday, October 28, 2024

Sebelum Bahas Kompensasi, Pemko Siantar Prioritaskan Pemindahan Makam

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Ratusan makam Serikat Bersama Keluarga (SBK) di Kelurahan Setia Negara, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar, hingga sampai saat ini tengah proses pemindahan oleh pekerja. Lurah setempat, Didi Kimanto membenarkan hal itu.

“Sampai saat ini pembongkaran serta pemindahan makam diprioritaskan,” sebutnya saat dihubungi, Senin (28/10/2024).

Setelahnya, Didi bilang, antara masyarakat, pihak PT Hutama Marga Waskita beserta Panitia Pemakaman akan membahas kompensasi. Namun, hingga kini pekerja fokus pada penyelesaian pemindahan pusara makam seluas 1.600 meter tersebut.

Baca juga:Ratusan Makam di Kelurahan Setia Negara Direlokasi

“Informasi terakhir yang kita rapat kemarin, pekerjaan pemindahan dengan waktu 10 hari. Mungkin hari kamis ini selesai semuanya. Semoga tidak ada terkendala di cuaca, waktu dan sebagainya,” katanya.

“Kita berdoa semoga semuanya lancar-lancar saja dan hasil yang terbaik kepada seluruh pihak,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemakaman SBK adalah salah satu tempat yang harus lenyap akibat proyek jalan tol Kota Pematangsiantar-Parapat. Jejeran pusara akan tak terlihat lagi di hamparan tanah luas yang harus terdesak pembangunan pemerintah.

Baca juga:Terkena Pembangunan Jalan Tol, SBK Keberatan Pihak Lain Campuri Pengadaan Lahan Pemakaman Baru

“Dipindahkan jaraknya kira-kira 200 meter dari pemakaman lama seluas empat rante,” sebut Camat Siantar Sitalasari, Syahrul R Pane saat dikonfirmasi belum lama ini.

Syahrul bilang, pemindahan lahan baru milik masyarakat setempat telah terjadi kesepakatan dan diganti rugi oleh PT Hutama Marga Waskita sebesar Rp1.433.809.413.

“Lahan yang baru sekitar 9 rante luasnya atau 3.600 meter,” katanya mengakhiri. (jonatan/hm17)

Related Articles

Latest Articles