18 C
New York
Sunday, October 27, 2024

Produsen Minta Pemerintah Umumkan Subsidi Motor Listrik Sudah Habis

Jakarta, MISTAR.ID

Pemerintahan baru yang dipimpin Prabowo Subianto diminta segera mengumumkan secara resmi subsidi Rp7 juta per unit untuk pembelian motor listrik telah habis agar tak membuat masyarakat bingung dan menunda pembelian sebab mengira masih ada harapan subsidi itu dilanjutkan.

Hal itu dikatakan salah satu produsen motor listrik, Yifang Grup, yang mengatakan untuk model tertentu subsidi sangat berdampak meningkatkan minat beli masyarakat.

Baca juga : Masyarakat Bisa Beli Motor Listrik Pakai Satu NIK dengan Subsidi Rp7 Juta

Misalnya, sebut CEO Yifang Grup Eddy Chan, subsidi motor listrik bermanfaat untuk pekerja ojek online. Kata dia tanpa subsidi mereka menjadi tak tak mau beli.

“Harapannya pemerintah yang baru yang dipimpin Pak Prabowo agar mengumumkan secara luas bahwa subsidi sebesar Rp7 juta telah habis. Dengan cara tersebut, masyarakat bisa mengambil alternatif untuk membeli tanpa subsidi karena subsidinya sudah habis,” kata Eddy, dikutip Jumat (25/10/24).

Baca juga : Kata Ridwan Kamil, Subsidi Konversi Motor Listrik Bakal Jadi Rp10 Juta

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang tak secara resmi mengumumkan jatah subsidi telah habis, meski begitu informasi soal ini sudah terpampang di situs Sisapira. Sejak awal September di situs ini sudah tertulis ‘0 Alokasi Anggaran yang Masih Tersedia 2024’.

Kementerian Perindustrian yang menyalurkan subsidi ini mengatakan pada awal tahun kuota subsidi Rp7 juta per unit ditetapkan sebanyak 50 ribu unit. Kemudian kuota ditingkatkan menjadi sekitar 60 ribu unit pada Agustus. Saat ini tercatat 60.813 unit sudah mendapatkan subsidi menurut Sisapira. (cnn/hm18)

Related Articles

Latest Articles