12.7 C
New York
Sunday, October 20, 2024

Kerja Sama Ditjen Dikti, Universitas Dharmawangsa Bina IRT-UM

Medan, MISTAR.ID

Dirjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi) melakukan kerja sama dengan Universitas Dharmawangsa Medan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat.

Bentuk kerjasamanya adalah program pembinaan kepada Industri Rumah Tangga dan Usaha Mikro (IRT-UM), di mana program ini sebagai upaya memperkuat tata kelola dan kelembagaan, peningkatan mutu dan kapasitas produksi, serta mengembangkan bisnis dan pemasaran bagi IRT-UM.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kontrak program pembinaan  IRT-UM antara Universitas Dharmawangsa Medan dengan Dirjen Dikti pada Jumat, 18 Oktober 2024 di Hotel Hilton Garden Inn Jakarta Taman Palem.

Baca juga:Universitas Dharmawangsa Teken MoA dengan Dosen Pemenang Hibah Kementerian

Setditjen Didi Rustam mewakili Dirjen Dikti, menyebut program ini berupaya memperkuat tata kelola dan kelembagaan, peningkatan mutu dan kapasitas produksi, serta mengembangkan bisnis dan pemasaran bagi IRT-UM.

“Ada 53 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang lolos seleksi dan melakukan kontrak kerjasama, dari 122 perguruan tinggi swasta yang mengajukan pendanaan,” ujarnya.

Program yang merupakan intensif bagi PTS, juga merupakan bagian dari pencapaian kinerja sebagaimana dipandang telah melakukan dan melaksanakan ketercapaian IKU perguruan tinggi.

Baca juga:PKM Dharmawangsa Gelar Workshop Pengembangan Tes Berpikir Kreatif

Menurutnya, dalam rangka percepatan pencapaian 8 indikator kinerja utama PTS menjadi satu peluang pemanfaatan dalam mencapai Iuaran-Iuaran dosen untuk mampu menjalin kerja sama yang saling menguntungkan antara PTS dengan mitra DUDI.

Rektor Universitas Dharmawangsa, Dr. Zamakhsyari bin Hasballah Thaib, Lc, M.A merasa bersyukur, sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang terpilih, berharap semoga program ini dapat mendorong para dosen untuk lebih kompetitif lagi dalam meningkatkan tri dharma perguruan tinggi yang melibatkan kerja sama berbagai mitra berbasis IRT-UM.

Ditambahkan salah seorang Dosen Darmawangsa, Rina Melati Sitompul yang turut hadir mendampingi penandatanganan kontrak kerjasama, bahwa  dalam ajuan kegiatan program pengabdian ini, mereka menawarkan ada 3 mitra UKM (Usaha Kecil Menengah) berbasis rumah tangga yang nantinya akan intens didampingi selama 3 bulan.

Baca juga:Referensi Kuliah 2024? Berikut 20 Universitas Swasta Terbaik di Medan

IRT-UM tersebut di antaranya Rumah Larva Indonesia beralamat di Jalan Bunga Teratai, Desa/Kelurahan P Bulan Selayang II, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, fokus dalam usaha budidaya maggot sebagai alternatif pakan ternak atau ikan.

Kedua ada Menday Galery beralamat di Dusun 3 pantai cermin kanan Kecamatan pantai cermin, Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Kekhususan usaha adalah penghasil souvenir handycraft berbahan alam missal tikar pandan dan tas.

Lalu ketiga ada Kawan Lama, yang khusus dalam pengelolaan jajanan pasar kuliner tradisional melalui Pasar Kamu di Denai Lama.

” Ketiga mitra ini focus dalam pendampingan dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi tepat guna yang akan dikembangkan melalui kepakaran yang dimiliki oleh perguruan tinggi sesuai bidang yang ada,”
ujar Rina Sitompul.

Turut juga mendampingi Rektor Universitas Dharmawangsa dalam penandatanganan Wakil Rektor II Dr. Muhammad Luthfi, SI.Kom, MSI Kepala Biro Akademik Tarmizi, MH dan mewakili pengelola Program Ananda Hadi Elyas dan Alfira. (rel/hm17 )

Related Articles

Latest Articles