14.4 C
New York
Saturday, October 19, 2024

Jaga Kesehatan Usus untuk Kulit Lebih Sehat

Jakarta, MISTAR.ID

Dokter menekankan pentingnya menjaga kesehatan usus sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit. Dr. Karan Rajan, dokter bedah dan kreator konten kesehatan, menyatakan bahwa kesehatan kulit sangat berkaitan dengan kondisi usus, seperti dilaporkan oleh Hindustan Times, Jumat (18/10/24).

Menurut Dr. Rajan, mengonsumsi makanan sehat, terutama yang kaya pigmen karotenoid seperti tomat, wortel, dan paprika, dapat memberikan efek positif pada kulit, termasuk menghasilkan kilau alami.

Selain itu, makanan-makanan ini juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk lapisan usus dan mendukung keseimbangan mikroba usus.

“Keseimbangan mikroba usus mempengaruhi kondisi kulit. Misalnya, anak-anak dengan eksim umumnya memiliki lebih sedikit mikroba usus yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik yang mengandung lactobacilli dan bifidobacterium dapat membantu meredakan gejala eksim,” ungkap Rajan.

Baca juga: Ilmuwan Berikan Petunjuk Baru Penyatuan Sperma dan Sel Telur

Probiotik mendukung bakteri baik di usus, yang dapat meningkatkan produksi senyawa antiinflamasi. Ini berdampak pada sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Pola Makan yang Direkomendasikan

Selain suplemen probiotik, Dr. Rajan menyarankan untuk memasukkan lebih banyak makanan nabati ke dalam diet sehari-hari. Beberapa contoh makanan yang mendukung kesehatan usus antara lain:

  • Bawang putih
  • Bawang bombai
  • Pisang

Makanan ini dapat membantu meningkatkan populasi bakteri baik dalam tubuh. Selain itu, Rajan merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, C, dan E yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Baca juga: Atasi Rasa Sakit, Hasil Riset Terkini Beberkan Perbandingan Pria dan Wanita

“Meski suplemen probiotik bisa bermanfaat, konsultasi dengan profesional kesehatan sangat disarankan sebelum menambahkannya ke dalam rutinitas,” kata Rajan.

Gaya Hidup Sehat untuk Keseimbangan Usus

Selain menjaga pola makan, Dr. Rajan menekankan pentingnya:

  • Mengurangi stres
  • Berolahraga teratur
  • Cukup tidur

“Faktor-faktor ini juga mempengaruhi mikrobiota usus dan kesehatan secara keseluruhan,” tambahnya.

Dengan menjaga kesehatan usus, bukan hanya pencernaan yang lebih baik, tetapi kulit juga dapat terlihat lebih sehat dan bercahaya. (ant/hm25)

 

 

Related Articles

Latest Articles