11 C
New York
Thursday, October 17, 2024

Amazon Bertaruh dengan Tenaga Nuklir untuk Ambisi AI

Jakarta, MISTAR.ID

Amazon mengumumkan investasi besar di bidang tenaga nuklir, bergabung dengan perusahaan teknologi lain seperti Microsoft dan Google dalam upaya memenuhi kebutuhan energi yang tinggi dari cloud computing dan kecerdasan buatan (AI), Rabu (16/10/24).

Dengan pesatnya ekspansi pusat data, perusahaan-perusahaan ini aktif mencari sumber listrik baru. Amazon telah menandatangani tiga perjanjian untuk mendukung pengembangan Reaktor Modular Kecil (SMR), yang dianggap lebih mudah diterapkan dibandingkan reaktor tradisional.

Baca Juga : Google Akan Investasi Rp32.5 Triliun untuk Pusat Data di Malaysia

Meskipun teknologi ini masih dalam tahap awal dan belum mendapatkan persetujuan resmi, Amazon optimis dengan kemitraan baru, termasuk kolaborasi dengan Energy Northwest untuk mengembangkan empat SMR canggih di Washington, yang diharapkan dapat menghasilkan hingga 960 megawatt (MW) pada awal tahun 2030-an.

Selain itu, Amazon menginvestasikan $500 juta pada X-energy, pengembang SMR terkemuka, untuk mendukung proyek tenaga nuklir baru yang bisa mencapai lebih dari lima gigawatt. Langkah ini mencerminkan komitmen Amazon dalam mencari solusi energi berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan AI dan layanan cloud-nya. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles