7.8 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

NasDem Tugaskan Frenki Boy Saragih Sebagai Pimpinan DPRD Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) menugaskan Frenki Boy Saragih menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Pematangsiantar periode 2024-2029. Keputusan itu diambil berdasarkan pertimbangan dan wawancara di internal partai.

Sebelumnya 3 orang masuk radar calon Pimpinan DPRD Pematangsiantar dari NasDem, mereka yaitu Tongam Pangaribuan, Frenki Boy Saragih, dan Robin Manurung.

Ketua DPD NasDem Pematangsiantar, Frans Herbert Siahaan mengatakan, surat keputusan (SK) telah diterima mereka beberapa hari lalu. Selain itu, partai besutan Surya Paloh ini juga menugaskan Tongam Pangaribuan menjadi ketua fraksi.

Baca juga:Golkar Tetapkan Daud Simanjuntak Jabat Pimpinan DPRD Siantar Periode 2024-2029

“Kami masih menyusun berkas nya semua, termasuk di komisi-komisi nantinya. Setelah itu kami sampaikan ke Sekretariat DPRD Pematangsiantar,” kata Frans, pada Rabu (16/10/24).

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lalu, NasDem berhasil meraih 4 kursi DPRD Pematangsiantar dan menjadi pemenang ketiga di bawah PDI Perjuangan dan Golkar. Otomatis posisi Wakil Ketua 2 menjadi jatah NasDem.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar mengeluarkan surat penetapan Daud Simanjuntak sebagai pimpinan DPRD Pematangsiantar periode 2024-2029. Surat itu dikeluarkan 30 September 2024 dan diteken langsung Ketua Umum (Ketum) Bahlil Lahadalia dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Muhammad Sarmuji.

Kepada mistar.id, Daud menyebut surat penetapan itu disampaikan langsung Ketua DPD I Golkar Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah di Medan. “Ini sebagai amanah dan akan dipertanggungjawabkan 5 tahun ke depan,” kata Daud, pada Senin (14/10/24).

Baca juga:NasDem Sodorkan 3 Anggota Terpilih Kandidat Wakil Ketua DPRD Siantar 2024-2029

DPRD Pematangsiantar, kata Daud, akan mengirimkan surat pengusulan pimpinan definitif kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumut sebelum dilakukan rapat paripurna.

“Pengusulan dapat diproses tanpa menunggu semua partai politik yang memiliki hak kursi pimpinan,” ucap Daud.

Periode 2024-2029, Golkar bakal bergabung dengan Perindo membentuk fraksi dengan nama Golkar Indonesia. Jabatan ketua, lanjut Daud diisi Rini Silalahi dan sekretaris dipercayakan kepada Alex Damanik dari Perindo. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles