8.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

Fakultas Kedokteran UI Buka 3 Prodi Baru, Pendaftaran Dibuka Hingga 27 Oktober

Jakarta, MISTAR.ID

Universitas Indonesia (UI) telah membuka tiga program studi baru di Fakultas Kedokteran (FK), khususnya untuk jenjang spesialis (Sp1) dan subspesialis (Sp2).

Ketiga prodi baru tersebut adalah Program Studi Spesialis Pendidikan Kedokteran Emergensi, Program Studi Subspesialis Jantung dan Pembuluh Darah, serta Program Studi Subspesialis Urologi (merupakan prodi Sp2 Urologi pertama di Indonesia).

Pembukaan prodi ini merupakan terobosan dalam pendidikan kedokteran untuk memenuhi kebutuhan layanan spesialis dan subspesialistik di berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya program ini, diharapkan akses masyarakat terhadap layanan kedokteran emergensi, jantung, dan urologi yang berkualitas semakin terbuka.

Baca Juga : Universitas Indonesia Kini Menyediakan Konsultasi Psikologis Online

Prospek Karier

  • Prodi Spesialis Pendidikan Kedokteran Emergensi: Durasi studi selama delapan semester, lulusan diharapkan mampu mengelola layanan emergensi, termasuk di layanan pra-rumah sakit seperti Public Safety Center (PSC) dan lembaga kebencanaan.
  • Prodi Subspesialis Jantung dan Pembuluh Darah serta Urologi: Masa studi empat semester, terbagi menjadi tiga tahap pendidikan: Pembekalan, Magang di rumah sakit pendidikan, dan Mandiri. Lulusan akan terlibat dalam penelitian untuk mengembangkan pengetahuan di bidang masing-masing.

Dekan FKUI, Ari Fahrial Syam, mengungkapkan bahwa pembukaan tiga prodi baru ini menegaskan komitmen FKUI dalam menyediakan pendidikan kedokteran yang berkualitas dan berstandar internasional.

Pendaftaran untuk ketiga program studi ini dibuka dari 30 September hingga 27 Oktober 2024. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan persyaratan dapat diakses di laman penerimaan.ui.ac.id. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles