18.7 C
New York
Monday, October 14, 2024

Indonesia-Prancis Tingkatkan Kompetensi Pengajar Vokasi Kuliner

Jakarta, MISTAR.ID

Puluhan pengajar vokasi di bidang kuliner mengikuti program pelatihan hasil kemitraan Indonesia-Prancis, yang berlangsung dari 7 Oktober hingga 22 November 2024 mendatang.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar) bersama Institut Francais d’Indonesie, dalam rangka Training of Trainers (ToT) on French Cooking for Vocational Culinary Teaching.

Sebanyak 48 peserta terlibat, termasuk widyaiswara BBPPMPV Bispar, guru SMK, instruktur lembaga kursus, dosen perguruan tinggi vokasi, dan chef profesional.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Saryadi, menekankan pentingnya program ini untuk meningkatkan daya saing global dan memajukan industri kuliner Indonesia, serta sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi.

Kepala BBPPMPV Bispar, Arie Wibowo Khurniawan, menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan memasak berstandar internasional dan meningkatkan pengetahuan pengajar vokasi, yang berdampak pada kualitas pembelajaran.

Baca Juga : Duta Besar Australia: Pendidikan Sangat Penting Dalam Hubungan Australia Dengan Indonesia

Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Fabien Penone, menyatakan bahwa program ini merupakan bagian dari Pekan Gastronomi Prancis, yang tidak hanya mempromosikan gastronomi Prancis tetapi juga meningkatkan kualitas pengajar vokasi di Indonesia. Peserta pelatihan sendiri akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti legalisasi pelatihan.

Pelatihan akan dipandu oleh chef-chef profesional dari Institut Disciples Escoffier, seperti Antoine Audran dan Didier Basse.

Robert Fontana, Kepala Institut Disciples Escoffier, menekankan pentingnya program ToT untuk memenuhi kebutuhan industri kuliner di Indonesia, yang memerlukan tenaga kerja kompeten dalam kuliner Prancis.

“Para peserta adalah agen perubahan dalam pendidikan kuliner yang sejalan dengan industri,” pesan Robert, mendorong mereka untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles