14 C
New York
Sunday, October 13, 2024

Rayakan HUT Ke-5, Pemred Cerita Lika-Liku Awal Mula Berdirinya Harian Mistar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Harian Mistar merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 di Waterpark Siantar, Jalan Rakutta Sembiring No.1, Kecamatan Siantar Martoba, Sabtu (12/10/24).

Kegiatan tahunan yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari itu berjalan meriah dengan diiringi berbagai rangkaian acara, seperti potong kue HUT, pengumuman redaktur dan wartawan terbaik.

Ada juga beberapa permainan game hingga berenang bersama. Tujuannya untuk meningkatkan kekompakan dan kerja tim sekaligus memupuk rasa persaudaraan yang baik selama ini.

Tidak ketinggalan, pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kinerja menuju persaingan yang kian kompetitif, dan untuk memperluas jaringan dan jangkauan Harian Mistar maupun mistar.id

Keluarga besar Harian Mistar foto bersama (f:adil/mistar)
Keluarga besar Harian Mistar foto bersama (f:adil/mistar)

Perayaan HUT kali ini terlihat sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, pada perayaan tahun ke-5 ini, acara turut diramaikan para wartawan koresponden dari pelbagai daerah di Sumatera Utara (Sumut).

Dalam momen HUT ke-5 tersebut, Pemimpin Redaksi Harian Mistar, Luhut Marodor Simanjuntak, bercerita mengenai sejarah dan lika-liku awal mula berdirinya Harian Mistar.

“Tepat pada 12 Oktober 2019 lalu, Harian Mistar lahir dengan produk pertamanya berbentuk cetak (koran). Di awal-awal kelahirannya itu, kita betul-betul dihadapkan dengan segala macam cobaan,” ucapnya.

Terlebih, kata Luhut, perusahaan media cetak yang pada tahun 2019 itu sudah mulai meredup karena perkembangan media digital yang begitu pesat, tapi Harian Mistar buka produk cetak.

“Itu bagaimana? Yang secara logika tidak dapat dimasukkan ke dalam akal. Ditambah enggak lama kemudian dunia dilanda pandemi Covid-19 sampai 2 tahun lamanya. Luar biasa tantangan kita pada saat itu,” jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, Harian Mistar telah menginjak usia 5 tahun. Meski di usia yang terbilang masih muda, akan tetapi perusahaan pers yang kini sudah ada media online-nya itu patut diperhitungkan di Sumut.  Bahkan di bawah PT Bintang Berita Abadi, selain media cetak dan online, kini telah dikembangkan Mistar TV dan dalam waktu dekat akan ada podcast.

“Media kita saat ini berhasil kembali menduduki peringkat 1 sebagai media lokal terbaik se-Sumut,” tuturnya disertai tepuk tangan para awak Harian Mistar.
Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Jalatua Hasugian memberi penguatan untuk pengembangan SDM kru Harian Mistar (f:adil/mistar)
Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Jalatua Hasugian memberi penguatan untuk pengembangan SDM kru Harian Mistar (f:adil/mistar)

Di samping itu, Wakil Pemimpin Perusahaan, Fatimah Siregar, mengajak seluruh jajaran Harian Mistar untuk saling mengenal satu sama lain. Sebab, hal itu akan membentuk chemistry dan memudahkan kerja tim.

Kemudian, Mangapuli Banurea sebagai Pemimpin Umum pun mengingatkan seluruh jajarannya bahwa betapa pentingnya kekompakan dan kebersamaan demi terwujudnya tujuan bersama.

“Kita di sini kerja tim (teamwork), apabila satu saja sakit, maka kerja tim tidak akan berjalan lancar,” ujarnya.

Tak ketinggalan, Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang diwakili Jalatua Hasugian berharap di usia yang sekarang ini, Harian Mistar dapat menjadi lebih baik ke depannya.

Selain itu, Jalatua pun berharap kepada para wartawan khususnya untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas karya pemberitaan yang dihasilkan.

Setelah acara sambutan demi sambutan dilaksanakan, selanjutnya Rika Suartiningsih selaku Wakil Pemimpin Redaksi mengumumkan para redaktur dan wartawan yang meraih predikat terbaik. (deddy/hm17)

Related Articles

Latest Articles