8.5 C
New York
Friday, October 11, 2024

Karyawannya Mogok Kerja Hampir 5 Pekan, Pabrikan Pesawat Gugat Serikat Pekerja

Jakarta, MISTAR.ID

Pabrikan pesawat asal AS, Boeing, mengajukan tuntutan praktik ketenagakerjaan tidak adil terhadap serikat pekerja yang mewakili para pekerja pabrik di Pantai Barat AS yang tengah melakukan aksi mogok.

Tuntutan tersebut dilayangkan Boeing ke National Labor Relations Board (NLRB) atau Dewan Hubungan Perburuhan Nasional kepada Asosiasi Pekerja Mesin dan Dirgantara Internasional atau International Association of Machinists and Aerospace Workers (IAM) seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/10/24).

Dalam pengajuannya ke NLRB, Boeing menuduh para pemimpin serikat pekerja tidak berunding dengan itikad baik. Boeing juga menuding para pemimpin serikat pekerja salah mengartikan ketentuan tawaran Boeing kepada para anggotanya dan tidak menghadirkan negosiator yang berwenang untuk membuat kesepakatan.

Baca juga : Ribuan Pekerja Kembali ke Pabrik iPhone di China

Boeing juga mengatakan serikat pekerja telah terlibat dalam pola tawar-menawar dengan itikad buruk dan narasi publiknya menyesatkan dan mempersulit pencarian solusi bagi karyawan.

Boeing mengatakan dengan berat hati memutuskan untuk mengajukan tuntutannya untuk menanggapi pengajuan hukum IAM, dan untuk memastikan NLRB dan pihak berkepentingan lainnya memiliki gambaran yang akurat.

Tuduhan tersebut menandai babak baru dari perseteruan antara Boeing dan serikat pekerjanya. Saat ini, aksi mogok yang diikuti sekitar 33.000 anggota serikat pekerja itu telah memasuki minggu kelima dan memberikan tekanan finansial pada Boeing.

Related Articles

Latest Articles