9.9 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Catatkan Sepak Terjang Transformasi Digital, Kemenkominfo Luncurkan Buku

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) meluncurkan 2 (dua) buku yang mencatat mengenai sepak terjang pembangunan sektor digital serta transformasi digital.

Kedua buku itu adalah, ‘Satu Dekade Pembangunan Digital Indonesia 2014-2024’ dan ‘Horizon Pembangunan Digital Indonesia 2025-2030’. Demikian disampaikan Menkominfo, Budi Arie Setiadi, pada Kamis (10/10/24).

Budi menyampaikan, selama satu dekade pemerintahan Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin, Indonesia berfokus pada transformasi digital untuk mendorong pertumbuhan nasional.

“Kedua buku yang diluncurkan pada hari ini berupaya untuk menyoroti hal tersebut,” ungkap Budi dalam siaran persnya yang dilansir kompas.

Baca juga: Kemenkominfo Susun Aturan Baru untuk Atasi Konten Negatif

Budi mengungkapkan, dalam buku ‘Satu Dekade Pembangunan Digital Indonesia 2014-2024’, terdapat gambaran kemajuan ekosistem digital yang telah dicapai sebagai modal untuk membangun Indonesia digital pada masa depan.

Buku pertama itu, lanjut Budi, terdiri memiliki dua kelompok tulisan. Bagian pertama berisi tentang pengalaman pembangunan digital Indonesia selama ini sebagai sejarah dan pembelajaran bersama dan ditulis secara kronologikal untuk memudahkan dan mengikuti alur pembelajaran.

Selanjutnya buku kedua ‘Horizon Pembangunan Digital Indonesia 2025-2030’, kata Budi, memuat jawaban dari berbagai pertanyaan, utamanya yang menyangkut gagasan, strategi, kebijakan, dan pembelajaran transformasi digital Indonesia.

“Buku ini menarasikan agenda-agenda strategis tersebut dengan menghadirkan pemikiran-pemikiran terdepan Indonesia. Terdapat 13 tulisan pemikiran pakar, akademisi, dan praktisi yang diharapkan memberikan sumbangan untuk pemerintahan berikutnya,” tuturnya. (kpc/hm27)

Related Articles

Latest Articles