9.9 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Tips Maksimalkan Jam Terakhir Saat Liburan

Jakarta, MISTAR.ID

Hari terakhir saat akan meninggalkan lokasi liburan bisa menimbulkan rasa sedih, bahkan mungkin membuat stres.

Rasa sedih itu mungkin muncul karena saat itulah liburan akan berakhir, stres karena akan segera kembali menggeluti rutinitas sehari-hari.

Tentu, hal itu akan membuat para pelaku liburan atau wisatawan agak kesulitan memanfaatkan jam terakhir liburannya sebelum melakukan perjalanan pulang.

Baca juga: Destinasi Liburan Terbaik 2025 untuk Gen Z dan Milenial

Pakar perjalanan mengatakan, wisatawan dapat memanfaatkan waktu sebelum meninggalkan lokasi liburan dengan melakukan beberapa kegiatan. Ini 7 tipsnya:

1. Waktu Berkemas

Wisatawan dapat meluangkan waktu mengemasi barang bawaan pada malam hari sebelum pulang.

Dengan cara ini, keesokan paginya masih bisa menyempatkan waktu untuk eksplorasi atau relaksasi. Seperti yang dilakukan blogger perjalanan, Katie McIntosh.

“Dengan cara ini saya dapat memaksimalkan waktu yang saya miliki pada hari terakhir saya di sana tanpa terlalu banyak stres,” ujarnya seperti dilansir Tempo dari laman Huffington Post, dan dikutip mistar pada Kamis (10/10/24).

2. Penerbangan sore atau malam

Selanjutnya, salah satu cara yang paling mudah untuk memaksimalkan hari terakhir liburan adalah memilih penerbangan sore atau malam hari.

Baca juga: Mau Liburan di Asahan, Dua Danau Buatan Ini Menarik Dikunjungi

Wisatawan tidak perlu terburu-buru mengejar penerbangan pagi, karena dengan demikian akan ada banyak waktu untuk jalan-jalan di pagi atau siang hari.

3. Check-out

Kalau penerbangan pulang pada sore atau malam hari, cobalah untuk meminta keterlambatan check-out hotel.

Tapi kalau tidak memungkinkan, Claire Summers, blogger perjalanan di balik Claire’s Itchy Feet, mengatakan dia biasanya menyimpan tas di tempat yang aman yang juga menyediakan kamar mandi.

Pilihan lainnya, check-out lebih awal dan menitipkan bagasi di meja concierge. Jadi bisa bebas melakukan eksplorasi di pagi hari. Namun pastikan mengetahui jam berapa harus berangkat ke bandara atau pusat transportasi lainnya.

Baca juga: Liburan Keluarga, Perkebunan Teh Sidamanik Masih Menjadi Idola

4. Pilih aktivitas

Ben Julius, pendiri platform perjalanan Tourist Journey, menyampaikan waktu yang tersisa dalam satu hari harus diperlakukan layaknya seperti bonus.

Jadi carilah tur atau pengalaman singkat yang dapat menambah dimensi lain melebihi apa yang diharapkan atau direncanakan.

“Ini bisa berupa lokakarya makanan atau tur seni, atau sekadar kunjungan ke beberapa toko yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya,” ungkapnya.

Related Articles

4 Tips Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Latest Articles