14.4 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Wartawan Diminta jadi Penyambung Lidah, KPU Batu Bara: Tangkal Hoax, Isu SARA dan Black Campaign

Batu Bara, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara Erwin meminta wartawan menjadi penyambung lidah menangkal hoax, isu SARA dan black campaign dimasa tahapan Pilkada serentak tahun 2024.

Pengakuan tersebut diungkapkan Erwin saat membuka sosialisasi Memaksimalkan peranan Wartawan dalam mewujudkan Pilkada Batu Bara aman dan damai tanpa hoax, isu SARA dan black campaign di aula RM 100 Desa Simpang Kopi Kecamatan Sei Suka, Kamis (10/10/24).

Mantan Sekretaris PWI Kabupaten Batu Bara ini mengatakan peranan wartawan dan media sangat besar dalam membentuk opini ditengah-tengah masyarakat.

“Karena itulah saya mengajak rekan-rekan wartawan ikut mewujudkan Pilkada Batu Bara aman dan damai tanpa hoax, isu SARA dan black campaign,” ajaknya.

Baca juga: Jelang Pilkada, Camat se Batu Bara Percepat Perekaman e-KTP Pemilih Pemula

Erwin mengingatkan pelaksanaan Pilkada semakin dekat, seluruh tahapan harus dipastikan berjalan baik sesuai peraturan yang ada.

Diungkapkan Erwin, saat ini dalam proses pengadaan logistik termasuk kertas suara. KPU Batu Bara dikatakan Erwin melakukan pengecekan hingga ke percetakan agar tidak ada kesalahan penulisan pada dokumen Pilkada.

Kepada wartawan, Erwin berharap agar wartawan tidak menggiring-giring persoalan pilihan dalam pemberitaan. “Itu hak masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, Erwin juga minta wartawan bisa menjadi penyambung lidah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan menangkal hoax, isu SARA dan black campaign.

Baca juga: Kadis Kanak Batu Bara Bicara Netralitas ASN dan Manfaat BPJS Bagi Nelayan

Sementara Dosen Fisip USU, Faisal Andi Mahrawa selaku narasumber pertama menjelaskan makna Pemilu atau Pemilihan.

Related Articles

Latest Articles