11.6 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Nias Selatan Diguncang Gempa, Dirasakan Hingga ke Kota Pandan

Medan, MISTAR.ID

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,0 mengguncang Kabupaten Nias Selatan (Nisel) dan sekitarnya pada Rabu (9/10/24) pukul 13.39 WIB. Gempa tersebut terjadi akibat dari aktivitas megathrust.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Hendro Nugroho, dalam keterangan persnya.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas megathrust,” ungkapnya.

Hendro pun menjelaskan titik koordinat terjadinya gempa tersebut. Kata dia, gempa terjadi pada koordinat 0.66° LU dan 98.49° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km Timur Laut Nias Selatan pada kedalaman 11 km.

Baca juga:Nisel Kembali Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 5,1

“Hasil monitoring BMKG hingga pukul 14:17 WIB menunjukkan bahwa belum ada kejadian gempabumi susulan,” katanya.

Hendro mengatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat, dampak gempa tersebut dirasakan di daerah Kota Pandan dengan skala intensitas II Modified Mercalli Intensity (MMI).
“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut,” jelasnya.

Kemudian, pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (deddy/hm17)

Related Articles

Latest Articles