17.2 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Jokowi dan Prabowo Santap Malam Bersama, Bahas Transisi Pemerintahan

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto menggelar santap malam bersama di restoran Hutan Kota Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (8/10/24).

Momen santap malam yang berlangsung lebih dari dua jam tersebut diunggah oleh Jokowi melalui akun Instagram-nya, @jokowi.

“Diskusi santai sambil santap malam bersama Presiden Terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih,” tulis Jokowi dalam unggahannya yang memperlihatkan mereka duduk berhadap-hadapan di meja panjang dengan beberapa minuman di atasnya.

Baca juga: Mensesneg Siapkan Kepulangan Jokowi ke Solo, Tetap Dikawal Paspampres

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menjelaskan bahwa pertemuan tersebut merupakan bagian dari komunikasi erat antara kedua pemimpin. Diskusi mereka kali ini fokus pada kelancaran transisi pemerintahan setelah pelantikan Prabowo dan wakilnya, Gibran Rakabuming Raka, pada 20 Oktober 2024.

“Kebersamaan antar dua pemimpin bangsa ini sangat diperlukan untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Ari. Menurutnya, Jokowi dan Prabowo membahas keberlanjutan program-program pemerintahan ke depan agar tetap konsisten dengan visi yang ada.

Prabowo Subianto akan dilantik sebagai Presiden bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden pada Sidang Paripurna MPR, 20 Oktober 2024. Ketua MPR Ahmad Muzani memastikan bahwa pelantikan ini akan mengikuti aturan yang berlaku seperti sebelumnya.

Baca juga: Jokowi Ingin Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo

Meski sebelumnya Jokowi membuka kemungkinan untuk tidak hadir pada pelantikan Prabowo-Gibran, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menegaskan bahwa Presiden Jokowi akan hadir dalam acara pelantikan tersebut.

“Insya Allah datang. Pak Presiden sudah mengatakan sejak awal akan hadir di pelantikan,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/24).

Pratikno menambahkan bahwa meskipun secara aturan kehadiran presiden sebelumnya tidak diwajibkan, tradisi menghadiri pelantikan tetap dilaksanakan oleh presiden sebelumnya sebagai bentuk penghormatan. (cnn/hm25)

Related Articles

Latest Articles