11.9 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Program Makan Gratis Prabowo-Gibran Butuh Dana Rp1,2 Triliun Setiap Hari

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Gizi Nasional bakal menghabiskan anggaran Rp1,2 triliun setiap harinya untuk menjalankan program makan gratis Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Kepala Badan Gizi Nasional, Dadan Hindayana mengatakan uang sebanyak itu keluar apabila program makan gratis sudah berjalan secara keseluruhan.

“Anggaran sebanyak Rp1,2 triliun juga bukan hanya untuk membeli bahan-bahan makanan. Kalau nanti dilaksanakan secara penuh, totalnya akan mencapai Rp82,9 juta (penerima makan gratis) dan menghabiskan anggaran Rp400 triliun. Kalau ini program sudah jalan, maka Badan Gizi akan spending harian Rp1,2 triliun. Ini adalah uang yang tidak sedikit,” jelasnya di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/24).

Baca juga : Prabowo Yakin APBN Mampu Danai Program Makan Gratis Anak dan Ibu

Menurutnya, 75 persen dari Rp1,2 triliun itu untuk intervensi makan bergizi.

“Bapak-ibu harus tahu, 75 persen itu kurang lebih Rp800 miliar setiap hari. Untuk membeli produk-produk pertanian, membeli bahan baku,” imbuh Dadan.

Dijelaskan Dadan, mengapa pemerintah harus mengeluarkan uang sebanyak itu. Dia menyebut Badan Gizi perlu memasak makanan setiap hari, lalu menyalurkannya kepada anak sekolah. Selain itu, dia menekankan pengeluaran harian tersebut bakal menjadi uang beredar di masyarakat.

Related Articles

Latest Articles