12.1 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Terapkan Energi Baru Terbarukan, Solar Panel Tingkatkan Efisiensi Nelayan

Medan, MISTAR.ID

PT Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) terus menerapkan energi baru terbarukan seperti penyaluran solar panel yang digunakan sebagai penerangan keramba ikan di Kampung Nelayan, Belawan.

Perangkat solar panel yang mengubah energi matahari menjadi listrik ini memiliki komponen yang terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon.

Senior Supervisor Corporate Social Responsibility (CSR) & Small and Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) Region Sumbagut, Agustina Mandayati, menjelaskan cara kerja panel itu berdasarkan prinsip fotovoltaik-nya.

“Jadi ketika panel surya ini terkena radiasi matahari, material semikonduktornya akan menghasilkan aliran listrik,” katanya pada mistar.id, Selasa (8/10/24).

Baca juga: Pertamina Sumbagut Salurkan CSR, Sasaran Kualitas Hidup Masyarakat

Terkait penggunaan, wanita yang akrab disapa Tina ini mengatakan bahwa panel surya dapat dipasang di atap bangunan, lahan terbuka atau di atas kendaraan.

“Panel ini bisa digunakan secara independen atau terhubung ke jaringan listrik,” ucapnya.

Sementara itu, terkait manfaatnya Tina menuturkan selain untuk penerangan dan keamanan keramba ikan, solar panel ini juga dapat mengurangi jejak emisi karbon dan menghemat tagihan listrik.

“Tapi untuk solar panel yang di pasang ini kapasitasnya belum terlalu besar hanya 100 watt dan hanya digunakan untuk penerangan,” ungkapnya.

Dalam hal itu, lanjut Tina, Pertamina terus bersinergi dalam mengembangkan energi baru terbarukan kepada masyarakat.

“Khususnya masyarakat di wilayah lokal melalui program-program CSR yang sedang berjalan,” tandasnya. (dinda/hm27)

Related Articles

Latest Articles