15.6 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Enam Hari Menjabat, Wali Kota di Meksiko Tewas Dibunuh

Mexico City, MISTAR.ID

Hanya 6 hari menjabat, salah seorang wali kota di Meksiko tewas dibunuh dengan cara dipenggal dan potongan kepalanya ditemukan di sebuah truk pick up.

Korban bernama Alejandro Arcos menjabat Wali Kota Chilpancingo, yang merupakan ibu kota negara bagian Guerrero yang diterpa kekerasan di Meksiko.

Arcos didapati tak bernyawa pada Minggu (6/10/24) atau cuma 6 hari usai menjabat menjadi pemimpin kota berpenduduk sekitar 280.000 orang itu.

Baca juga:Meksiko Kian Mencekam, Wali Kota Ditembak Mati Usai Turun dari Bus

“Kehilangannya menyebabkan seluruh warga Guerrero berduka dan membuat kami geram,” sebut Gubernur Guerrero, Evelyn Salgado melalui pernyataan yang dibagikan di media sosial (medsos), seperti dilansir Reuters, pada Selasa (8/10/24).

Kantor jaksa agung negara bagian Guerrero menuturkan, mereka tengah menginvestigasi pembunuhan Arcos. Konfirmasi resmi mengenai pembunuhannya mencuat pasca foto-foto beredar di WhatsApp (WA), yang menggambarkan potongan kepala korban ditemukan di atas truk pick up.

Meninggalnya Arcos terjadi hanya tiga hari usai sekretaris pemerintah kota yang baru, Francisco Tapia, ditembak mati. “Mereka merupakan pejabat muda dan jujur yang mau kemajuan bagi komunitas mereka,” tulis senator setempat, Alejandro Moreno di medsos.

Baca juga:Calon Walikota Tewas Dibunuh di Meksiko, Satu Lagi Luka-luka

Moreno sebagai ketua partai politik (parpol) PRI Meksiko, meminta kantor jaksa agung federal untuk memimpin penyelidikan atas pembunuhan Arcos dan Tapia, menimbang kondisi yang tidak bisa dikendalikan di Guerrero.

Guerrero sudah sebagai salah satu negara bagian paling mematikan terhadap calon pejabat publik dan pejabat terpilih, serta wartawan. Setidaknya 6 calon untuk jabatan publik tewas di negara bagian itu menjelang pemilihan umum (pemilu) Meksiko pada 2 Juni lalu.

Posting medsos Arcos menampilkan bahwa sang wali kota dalam beberapa hari terakhir usai mengawasi usaha bantuan bencana setelah imbas Badai John bulan lalu, yang membuat banjir parah di resor pantai Acapulco dan kota-kota sekelilingnya. (sdnws/hm16)

Related Articles

Latest Articles