18.2 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Terekam Badai Milton Ibarat Monster Raksasa dari Angkasa

Florida, MISTAR.ID

Gambaran menyeramkan Badai Milton yang berhasil ditangkap oleh citra satelit ibarat sebuah monster raksasa berputar-putar di angkasa, matanya yang tajam melihat bumi dengan ambisi menghancurkan.

Pusaran badai kolosal ini, dengan mata badai yang tampak jelas, tengah melaju kencang mengarah Florida, AS. National Hurricane Service hingga tercengang menyaksikan begitu cepatnya siklon Kategori 5 ini menguat.

“Tempo 24 jam, Milton berubah dari badai biasa menjadi monster berkecepatan 281 km/jam. Itu gila, Milton melewati batas intensifikasi yang mungkin,” kata ahli meteorologi Levi Cowan dengan kalimat tak yakin, seperti dilansir pada Selasa (8/10/24).

Baca juga:Korban Tewas Badai Helene di AS Mencapai 130 Orang

“Tidak hanya cepat, ini intensifikasi yang begitu cepat. Kecepatan anginnya meningkat 144,8 km/jam dalam 1 hari,” ungkap Kathryn Prociv, ahli meteorologi NBC News, di akun X miliknya.

Rekaman satelit cuaca Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional menampilkan pertumbuhan Milton yang eksplosif. Badai ini diprediksi bakal mendarat di pantai barat Florida pada Rabu (9/10/24) besok, tepatnya di daerah Teluk Tampa yang padat masyarakat.

Warning mengerikan datang dari Layanan Cuaca Nasional menyatakan, apabila badai tetap berada di jalur saat ini, itu bakal sebagai badai terburuk yang berimbas pada wilayah Tampa dalam lebih dari 100 tahun.

Baca juga:Badai Topan Gaemi Rendam Manila

Dilansir dari Mashable, pertanyaannya apa yang menyebabkan Milton begitu kuat? Selain faktor-faktor lain seperti angin dan kelembaban udara, kunci utama kekuatannya merupakan iklim permukaan laut yang begitu hangat di atas 27 derajat celcius.

Lautan yang hangat ini ibarat bensin super bagi badai, memberinya kekuatan dan kelembaban untuk terus mengganas. Dengan kekuatan yang terus melonjak, Badai Milton menjadi ancaman serius terhadap Florida. Bisakah Tampa bertahan dari amukan monster badai itu?, dunia menunggu dengan khawatir. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles