17.7 C
New York
Monday, October 7, 2024

Diganti jadi Tunjangan, Segini Biaya Perawatan Rumah Dinas DPR Setahun

Jakarta, MISTAR.ID

Para anggota DPR RI periode 2024-2029 tidak lagi mendapat fasilitas rumah dinas atau rumah jabatan anggota (RJA), diganti menjadi tunjangan rumah.

Selama ini, biaya untuk perawatan RJA adalah sebesar Rp25 juta per tahun. Demikian disampaikan oleh Sekjen DPR RI Indra Iskandar, pada Senin (7/10/24).

“Indeksnya selama ini per rumah indeksnya sekitar Rp 25 juta, indeksnya. Tapi kan itu subsidi silang, ada yang parah sekali, ada yang nggak parah segala macam, jadi kalau indeks Rp 25 juta, per bulan sekitar Rp 1,5-2 juta,” tutur Indra di kawasan Kalibata.

Indra menyampaikan, biaya tersebut akan dikeluarkan jika ada anggota DPR yang meminta perbaikan. Jika tidak ada, dianggap tidak ada kerusakan. Jadi berdasarkan permintaan.

“Kalau nggak ada permintaan, ya, kita anggap nggak ada masalah,” ungkapnya.

Baca juga: Anggota DPR Ditenggat Kosongkan Rumah Dinas Hingga Akhir Oktober 2024

Ia juga menyampaikan masalah yang ada di rumah dinas tersebut bukan karena tak ditempati, melainkan karena lokasinya yang dekat dengan sungai.

“Meskipun rumah ditempati tikusnya di atas banyak, jadi bukan karena nggak ditempati, karena emang di sini lingkungan ada sampah, ada kali,” cecarnya.

Terkait besaran tunjangan rumah yang diberikan ke setiap anggota DPR, Indra mengatakan masih dalam kajian. Namun dirinya membandingkan dengan tunjangan DPRD yang nantinya akan berbeda dengan DPR RI.

“DPRD mereka besarannya rata-rata di atas 35 (juta) di atas 40 (juta) gitu ya, DPRD. Dan itu di daerah loh harga properti logic-nya di daerah dan DKI pasti berbeda,” cetusnya. (dtc/hm27)

Related Articles

Latest Articles