17.7 C
New York
Monday, October 7, 2024

Bawaslu Labuhanbatu Launching Kampoeng Pengawasan Partisipatif Pilkada Serentak 2024

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Bawaslu Labuhanbatu melaunching Kampoeng Pengawasan Partisipatif Pildada Serentak 2024 di Lingkungan Tengah I, Kelurahan Perdamaian, Kecamatan Rantau Selatan, Senin (7/10/24).

Plt Kepala Sekretariat Bawaslu Labuhanbatu, Astri Blirayan mengatakan, Kampung Pengawasan Partisipatif merupakan program Bawaslu Provinsi Sumatera Utara. Pihaknya dipilih langsung untuk menjadi tempat terselenggaranya Kampung Pengawasan untuk yang kedua dari keseluruhan kabupaten se-provinsi Sumatera Utara.

“Terima kasih atas partisipasinya kepada unsur Forkopimda Labuhanbatu dan lapisan masyarakat, semoga apa yang menjadi harapan kita dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Wahyudi mengatakan, selama ini jika masyarakat masih merasakan pembangunan seperti itu saja, begitu lah kondisi Labuhanbatu saat ini. Semua itu, kata dia, akibat beban dari para pemangku kepentingan begitu terasa.

Para Bupati dan wakil Bupati ketika berjuang untuk menjabat jadi Bupati bebannya terlalu besar, akhirnya tidak sempat memikirkan jalan, memikirkan pasar di Sigambal atau yang lainya.

Baca Juga : Hari Jumat, Sengketa Pilkada Labuhanbatu Diputus

Maka, pada kesempatan kali ini pihaknya menitipkan Kampung Pengawasan untuk mengingatkan memilih secara hati nurani, menjunjung tinggi nilai demokrasi secara objektif dan rasional.

“Mari pilih calon bupati dan wakil bupati kita tanpa ada ember-embelnya. Saya tidak setuju kalau orang-orang baik seperti bapak dan ibu mulai pergi dan tidak peduli, maka akan berkuasalah orang-orang yang tidak kita inginkan,” ucapnya.

Komisioner Bawaslu Sumut, Suhadi Sukamdar Situmorang mengatakan, Program Kampung Pengawasan ini akan dilaksanakan di 33 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara. Pada 2 Oktober 2024, Bawaslu Sumatera Utara meresmikan kampung pengawasan di Kabupaten Humbang Hasundutan, sementara Labuhanbatu adalah kabupaten yang kedua.

Dia berharap kepada seluruh masyarakat untuk ikut melakukan berbagai pengawasan tahapan Pemilihan Umum 2024, kontek sportnya adalah pengawasan berbasis masyarakat untuk tahapan Pemilihan Serentak 2024.

“Ayo awasi bersama Pilkada 2024, tolak hoax, money politik dan sebagainya, ini semuanya bukan hanya seremonial, ini bukan hanya pajangan. Inilah yang dituntut dari kampung ini menjadi kampung pengawasan maka disarankan dari sinilah model menjadi desa percontohan dalam melakukan tahapan Pilkada,” pesannya. (yazis/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles