18.9 C
New York
Monday, October 7, 2024

Buka Festival Seni dan Qasidah, Sekda Provsu Harap Generasi Muda Tak Lupa Nilai Keagamaan

Medan, MISTAR.ID

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Provsu),  Arief Sudarto Trinugroho membuka Festival Seni dan Qasidah tingkat Sumut tahun 2024 di Aula Raja Inal, Kantor Gubsu, Senin (7/10/24) siang.

Arief berharap dari kegiatan tersebut bisa membawa kebaikan dalam hal melestarikan budaya yang ada di agama islam. Dirinya menyebut kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun.

“Pastinya kita bakal dukung kegiatan rutin ini setiap tahun dalam rangka melestarikan budaya islam yang sudah mengakar di negara kita. Sekaligus juga menyiarkan dakwah islam,” ujarnya kepada mistar.id selepas membuka acara.

Arief juga mengatakan kegiatan tersebut perlu dilaksanakan guna membekali generasi muda di zaman yang modern seperti saat ini.

Baca juga: Kafilah Asahan Siap Berlaga di Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi

“Jadi, perlu kita lakukan secara rutin untuk membina generasi muda kita di zaman seperti sekarang, yang kita lihat teknologi dan informasi luar mudah masuk. Kita juga harus membekali generasi muda kita dengan budaya kita yang berbasis agama” ungkapnya.

Diketahui Festival Seni dan Qasidah diselenggarakan sejak 6 hingga 11 Oktober 2024 mendatang di Asrama Haji Medan. Adapun festival tersebut diikuti kafilah (kontingen) dari Kabupaten dan Kota di Sumut.

Sedangkan cabang lomba yang akan diperlombakan, yakni cabang Rebana klasik golongan remaja dan dewasa putra dan putri, cabang bintang vokalis anak hingga dewasa putra dan putri serta cabang pop religi anak hingga dewasa putra dan putri.

Ada pula cabang eksibisi Nasyid Sholawat remaja putra dan putri, fashion show remaja berpasangan dan kolaborasi kontemporer golongan anak hingga dewasa yang diikuti keseluruhan 762 peserta. (iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles