18.5 C
New York
Saturday, October 5, 2024

Nestapa Tenaga Teknis di Lingkungan Disdik Provsu, Formasi Tak Dibuka

Asahan, MISTAR.ID

Diperkirakan, ribuan tenaga teknis honorer yang bekerja di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) harus menelan kekecewaan mendalam. Pasalnya, pada tahun 2024, tidak ada pembukaan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga teknis, meskipun sebelumnya sudah ada harapan melalui surat edaran yang mengumumkan adanya alokasi formasi.

Para tenaga teknis yang telah mengabdi di berbagai instansi pendidikan, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, merasa kecewa karena tidak dapat mengikuti seleksi PPPK.

Salah satu tenaga honorer teknis yang menelan pil kekecawaan itu adalah Arif Hidayat, yang sudah 12 tahun jadi tenaga teknis di salah satu SMA di Kabupaten Asahan. Kepada media, Sabtu (5/10/24) ia meluapkan rasa kekecewaannya.

Baca juga: Pemko Binjai Buka Pendaftaran PPPK 2024, Dibutuhkan 184 Orang

“Siapa yang tidak kecewa, dibuka pendaftaran tapi tidak ada formasi untuk tenaga teknis,” ungkapnya dengan nada sedih.

Sebelumnya, dalam surat edaran Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara Nomor: 800.1.13.2/564/2024 tentang Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024, disebutkan bahwa formasi yang dibuka mencakup 300 untuk tenaga guru dan 300 untuk tenaga teknis dengan berbagai latar belakang pendidikan. Namun, pada saat pengumuman resmi, formasi untuk tenaga teknis justru tidak tersedia.

Kekecewaan mendalam juga dirasakan oleh banyak tenaga honorer eks-K-II yang sudah bekerja sebagai tenaga teknis di SMA dan SMK Negeri di seluruh Sumatera Utara (Sumut). Sebagian dari mereka telah mengabdi lebih dari 15 tahun, bahkan ada yang sudah mencapai 20 tahun, namun tetap tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi PPPK karena formasi yang diharapkan tidak ada.

“Sejak dulu kami selalu mempersiapkan data dan berkas pendataan tenaga teknis, tapi begitu seleksi dibuka, malah formasi kami tidak ada,” ujarnya lagi.

Baca juga: 194 Orang Guru di Asahan Resmi Diangkat Jadi PPPK

Dinas Pendidikan Provsu tahun 2024 lebih berfokus pada pembukaan formasi untuk tenaga pendidik (guru).

“Harusnya pemerintah bisa melihat nasib kami sebagai para tenaga teknis yang sudah lama mengabdi namun diabaikan dalam proses seleksi PPPK tahun ini,” tambahnya. (perdana/hm20)

Related Articles

Latest Articles