19.3 C
New York
Saturday, October 5, 2024

Penangkaran Jebol, Buaya Berkeliaran di Pemukiman Warga

Cianjur, MISTAR.ID

Penangkaran buaya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kampung Gunung Calung, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, jebol akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut pada, Rabu (2/10/24). Akibatnya, beberapa ekor buaya lepas dan berkeliaran di sekitar pemukiman warga.

Kejadian ini bermula ketika dinding penangkaran jebol, memungkinkan buaya-buaya tersebut keluar. Warga setempat segera berupaya mencari buaya-buaya yang lepas, menyisir sawah dan semak-semak di sekitar kampung.

Salah satu video yang beredar di media sosial memperlihatkan warga menangkap seekor buaya berukuran besar.

Lurah Kelurahan Sayang, Wiji Eko, menjelaskan bahwa penangkaran tersebut berisi sekitar 80 ekor buaya berdasarkan surat penitipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sejak tahun 2016.

Baca juga: Diterjang Banjir, Tembok Penangkaran Buaya Batu Bara Jebol, 2 Buaya Lepas

“Informasinya ada 80 ekor buaya yang dititipkan oleh BKSDA di penangkaran ini. Namun akibat dinding jebol, beberapa buaya berhasil kabur. Kami belum dapat memastikan jumlah pasti yang lepas, tetapi sementara ini telah ditangkap tiga ekor buaya—dua ekor ditemukan di kali dan sawah, sedangkan satu lagi di kawasan galian C,” ungkap Wiji, seperti dilansir dari detikcom, Sabtu (5/10/24).

Ia juga mengimbau warga untuk tetap waspada dan segera melaporkan jika ada buaya yang terlihat berkeliaran di sekitar pemukiman.

“Saya telah menginstruksikan RT dan RW setempat untuk memperingatkan warga agar tetap waspada dan segera melaporkan jika melihat buaya,” tambahnya.

Upaya pencarian masih terus dilakukan oleh warga dan pihak terkait di sepanjang aliran sungai serta di sekitar area penangkaran. (detikcom/hm20)

Related Articles

Latest Articles