14.8 C
New York
Friday, October 4, 2024

Rencana Cuti Massal, Ketua KY dan Prabowo Bahas Kesejahteraan Hakim

Jakarta, MISTAR.ID

Menyusul rencana cuti massal yang akan dilakukan ribuan hakim mulai tanggal 7 sampai 11 Oktober 2024, Ketua Komisi Yudisial (KY) Prof Amzulian Rifai menemui Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Dalam pertemuan tersebut, kepada Prabowo, Amzulian menyampaikan kondisi sumber daya manusia (SDM) hakim di Tanah Air mulai dari kondisi keuangan, standar sewa rumah hingga ke asuransi kesehatan.

Menurut Amzulian, Presiden Terpilih tersebut, menyambut baik usulan terkait kesejahteraan hakim.

“Secara khusus beliau memberikan atensi terhadap perumahan hakim dan berencana membangun/apartemen yang layak bagi para hakim terutama di Tingkat Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi,” tuturnya, pada Jumat (4/10/24).

Baca juga: Jelang Cuti Bersama Ribuan Hakim di Indonesia, Jubir MA Angkat Bicara

Amzulian menyampaikan bahwa, Prabowo bersimpati dengan fasilitas kerja yang diterima oleh para hakim oleh karenanya akan memberikan atensi. Ia meyakini bahwa Prabowo akan memberikan perhatian serius terhadap kesejahteraan para hakim ke depan.

Pada kesempatan itu, Amzulian menyampaikan pesan Prabowo yang berencana langsung tancap gas ketika sudah dilantik presiden.

“Kita tidak banyak bicara, tapi di saatnya nanti kita langsung action,” ucap Amzulian meniru pesan Prabowo.

Amzulian memaklumi jika para hakim menyuarakan agar kesejahteraan diperhatikan, termasuk rencana melakukan cuti massal pada 7 Oktober 2024 mendatang.

Cuti, diakui Amzulian, adalah hak setiap ASN. Namun ia juga berharap para hakim bersikap bijak dalam menyampaikan aspirasi dan tidak mengganggu proses peradilan demi terpenuhinya hak-hak mendasar para pencari keadilan. (dtc/hm27)

Related Articles

Latest Articles