16.4 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Performa Ponsel Lambat, Berikut Cara Mengatasinya

Jakarta, MISTAR.ID

Memori handphone atau ponsel yang penuh biasanya akan membuat performanya terganggu atau menjadi lambat.

Meski handphone memiliki memori yang cukup besar, ternyata hal itu belum seimbang dengan perkembangan kualitas kameranya.

Kualitas kamera yang lebih baik pastinya menghasilkan file gambar dan video yang lebih besar, sehingga memakan lebih banyak tempat di memori.

Selain gambar dan video, beberapa aplikasi juga memiliki ukuran yang sangat besar dan banyak menyedot ruang di ponsel. Namun untuk mengatasi memori penuh, pemilik handphone juga melakukan beberapa cara berikut ini.

Baca juga:Ponsel Dapat Digunakan Peretas Memantau Seseorang

1. Menghapus aplikasi dan game karena ini mengonsumsi cukup besar, terlebih game yang cukup berat.

Saat ini banyak aktivitas berpindah ke ruang digital dan mengharuskan kita untuk mengunduh berbagai aplikasi. Tetapi, tak jarang banyak aplikasi yang digunakan sesekali saja atau bahkan hanya satu kali.

Maka dari itu, sesering mungkin kita harus mengecek apakah aplikasi yang kita install masih digunakan atau tidak. Apabila tidak, sebaiknya dihapus.

Begitu pula dengan game. Game yang sudah tamat atau selesai dimainkan bisa dihapus agar memori tidak penuh.

Baca juga:IDC Ungkap Pasar Ponsel Pintar Indonesia di 2022 Turun 14,3 Persen

2. Hapus cache. Langkah ini mampu meringankan perangkat ketika membuka kembali halaman-halaman tertentu di aplikasi. Sebab, semakin sering aplikasi digunakan, maka data cache akan semakin besar.

Menghapus cache dapat membantu memberi ruang pada memori ponsel, tetapi tidak mengganggu aplikasi yang kita miliki.

Hal ini membuat kita perlu pintar-pintar dalam melakukan manajemen memori agar performa ponsel bisa tetap optimal. Berikut cara mengatasi memori penuh di Hp: Android:

1. Hapus aplikasi atau game
Game dan aplikasi mengonsumsi memori yang tidak sedikit, terlebih game yang cukup berat.

Baca juga:Tiga Fitur Ponsel yang Jarang Diketahui

Saat ini banyak aktivitas berpindah ke ruang digital dan mengharuskan kita untuk mengunduh sejumlah aplikasi. Namun, tak jarang banyak aplikasi yang digunakan sesekali saja atau bahkan hanya satu kali.

Maka dari itu, kita harus sering mengecek apakah aplikasi yang kita install masih digunakan atau tidak. Jika tidak, kita lebih baik menghapus aplikasi tersebut.

Begitu pula dengan game. Game yang sudah tamat atau selesai kita mainkan bisa dihapus agar tidak memenuhi memori.

2. Hapus cache
Aplikasi menyimpan data cache untuk meringankan perangkat ketika membuka kembali halaman-halaman tertentu di aplikasi. Semakin sering aplikasi digunakan, maka data cache akan semakin besar.

Menghapus cache dapat membantu memberi ruang pada memori ponsel, tetapi tidak mengganggu aplikasi yang kita miliki.

Baca juga:Wow! Ponsel yang Asyik untuk Main Game Tahun Ini

3. Hapus data media WhatsApp
WhatsApp menjadi salah satu platform utama untuk berkomunikasi di Indonesia. Tak hanya teks, pengguna juga kerap berkirim dokumen, foto, hingga video lewat aplikasi pesan instan ini.

Seiring berjalannya waktu, data-data tersebut akan menumpuk dan memenuhi memori ponsel. Beberapa data bisa dihapus jika sudah tidak digunakan lagi.

Jika data masih digunakan, Anda bisa memilih untuk melakukan backup ke penyimpanan eksternal atau cloud.

4. Matikan unduhan otomatis WhatsApp. Jika ini diaktifkan maka seluruh foto dan video yang dikirim akan membebani memori.
Berikut langkah-langkahnya:
*. Buka aplikasi WhatsApp.
*. Pilih ikon tiga titik yang terdapat di bagian atas.
*. Kemudian pilih Setelan dan ‘Penyimpanan dan data’.
*. Pada fitur ‘Saat menggunakan data seluler’, hilangkan centang pada foto audio, video, dan dokumen.
*. Lakukan hal yang sama pada fitur ‘Saat terhubung ke Wi-Fi’.

Baca juga:Google Dan Facebook Bahas Cara Melacak Penyebaran Covid-19 Dari Ponsel

5. Gunakan aplikasi pembersih. Aplikasi ini bisa digunakan dengan dua cara, yaitu menghapus cache secara manual, atau menghapus data secara otomatis.

Beberapa aplikasi cleaner juga berfungsi untuk banyak hal seperti membersihkan RAM Hp agar dapat digunakan untuk multitasking. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah CCleaner for Android.

6. Hapus atau backup
Data-data yang disimpan di ponsel, termasuk foto dan video, akan menumpuk seiring dengan penggunaan dan memenuhi memori.

Agar tak memenuhi memori, data-data tersebut bisa dihapus jika sudah tak diperlukan atau dipindahkan ke penyimpanan lain seperti penyimpanan cloud, memori eksternal, PC, atau laptop.

7. Gunakan kartu memori eksternal
Penggunaan kartu memori eksternal bisa menjadi salah satu solusi untuk memberi ruang lebih di ponsel. Dengan adanya memori eksternal, memori internal di ponsel bisa fokus pada penyediaan ruang untuk aplikasi.

Baca juga:Internet Di HP Android Lambat? Begini Cara Mengatasinya..

Sementara itu, data-data yang tidak berkaitan dengan aplikasi bisa disimpan di memori eksternal.

8. Gunakan penyimpanan cloud
Seperti halnya memori eksternal, penggunaan penyimpanan cloud bisa menjadi solusi untuk masalah memori di ponsel.

Penyimpanan cloud yang saat ini tersedia juga cukup beragam, mulai dari iCloud untuk iPhone, Google Drive untuk perangkat Android, hingga OneDrive dari Microsoft.

Penyimpanan cloud sendiri bisa digunakan secara gratis, tetapi dengan kapasitas memori yang terbatas. Untuk kapasitas yang lebih besar, Anda bisa melakukan langganan berbayar.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles