15.5 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Hari Batik Nasional, Jokowi: Wujud Keindahan dan Kreativitas

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan batik adalah wujud keindahan dan kreativitas yang tak lekang oleh waktu.

Ini disampaikan untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh, pada Rabu (2/10/24).

“Batik merupakan wujud keindahan dan kreativitas yang tidak lekang oleh waktu. Diakui menjadi warisan budaya dunia, batik membawa nama Indonesia ke pentas global,” sebut Kepala Negara dilansir dari akun Instagram @jokowi, Rabu (2/10/24).

Baca juga:Hari Batik Nasional 2024, Menjaga Warisan Budaya Nusantara

Jokowi juga mengajak semua masyarakat Indonesia untuk memakai batik dengan rasa bangga. “Mari terus kenakan batik dengan rasa bangga dan cinta terhadap budaya kita sendiri. Selamat Hari Batik Nasional,” sebutnya.

Batik telah menjadi ikon Indonesia, bahkan diakui dunia merupakan Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO mulai tanggal 2 Oktober 2009. Mulai saat itu, setiap tanggal 2 Oktober diperingati menjadi Hari Batik Nasional.

Batik mempunyai sejumlah motif dengan makna dan filosofi sendiri-sendiri. Contohnya, motif Sido Asih yang melambangkan kehidupan manusia yang penuh kasih sayang.

Baca juga:Empat Fakta Menarik Dibalik Munculnya Hari Batik Nasional

Lalu motif Mega Mendung dari Cirebon yang menyimbolkan ketenangan dan kesabaran. Sementara motif Sekar Jagad dari Solo dan Yogyakarta, melambangkan keindahan keberagaman di Tanah Air.

Dirangkum dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto kala mengikuti konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles