16.3 C
New York
Monday, September 30, 2024

Bongkar Dapur: Nikmatnya Kopi Ni Raja Sipirok, Minuman Para Raja

Medan, MISTAR.ID

Indonesia memiliki beragam jenis kopi dari masing-masing daerah yang memiliki cita rasa tersendiri. Salah satunya kopi Sipirok dari Tapanuli Selatan dengan aromanya yang khas. Kedai kopi yang memiliki menu kopi Sipirok adalah Kenjo Kopi yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara.

Pemil Kenjo Kopi Anton Batubara pertama kali berniat membuka kedai kopinya berawal dari mengikuti sebuah seminar di Medan pada tahun 2014 silam. Anton berharap dengan adanya kedai ini dapat mengedukasi penggiat atau penikmat kopi di Medan.

Kenjo Kopi menawarkan menu spesial andalannya yaitu Kopi Ni Raja. Pada masa dahulu kopi ini di minum oleh Raja Sipirok, Tapsel. Komposisi untuk pembuatan kopi ini yakni jeruk purut jantan, gula bargot arenga sipirok, serbuk ulim sipirok, dan ristretto arabika sipirok pandulaan. Metode penyajian blending garnish atau slice of purut.

Tonton juga: Bongkar Dapur: Bisnis Aksesoris Resin di Medan Tembus Pasar Eropa

Kali ini Mistar TV berkesempatan mengikuti proses pembuatan Kopi Ni Raja. Pertama-tama biji berkualitas disangrai terlebih dahulu dengan menggunakan mesin roasting pada suhu 220 derajat celcius selama lima belas menit. Sambil menunggu proses adaptasi biji green bean Anton terus mengamati suhu juga perubahan warna biji menuju fase roasting yang diinginkan. Agar memperoleh rasa dan aroma yang sesuai.

Setelah selesai proses roasting kopi, barista menyiapkan biji sangrai kopi arabika sipirok dengan label roasting medium serta biji juga digiling medium. Bubuk kopi sebanyak dua gram dan air panas suhu delapan puluh delapan derajat celcius adalah standar yang dibuat.
Perbandingan rasio satu banding lima belas artinya dua puluh gram bubuk kopi dicampur dengan tiga ratus mili air. Setelah selesai, kopi siap disajikan untuk para penikmat atau pelanggan.

Suasana kedai yang didesain khusus memamerkan kerajinan lukisan dari bahan dasar biji kopi sebagai hiasan dinding sangat menarik bagi mereka yang berkunjung ke Kenjo Kopi. Di dinding kedai juga terdapat sertifikat dan pelatihan dari pemerintah Sumatera Utara.

Kedai kopi yang didirikan oleh Anton ini diharapkan bisa kembalikan kejayaan cita rasa kopi Sipirok dan memperkenalkan ke dunia internasional sebagai kopi premium dengan rasa dan aroma yang khas. (fiqih/hm21).

Related Articles

Latest Articles