20.3 C
New York
Saturday, September 28, 2024

7 Makanan Kaya Kolagen untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Jakarta, MISTAR.ID

Ingin memiliki kulit yang sehat dan tampak awet muda? Mengonsumsi makanan kaya kolagen bisa menjadi solusi alami untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit Anda.

Kolagen adalah protein yang penting untuk memberi struktur pada kulit, namun seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh berkurang.

Meski banyak suplemen kolagen tersedia di pasaran, mengonsumsi makanan alami yang kaya kolagen bisa menjadi pilihan lebih sehat dan ekonomis.

Dilansir Eating Well, kolagen kemungkinan akan berkurang di usia 20-an, dan setelah usia 40 tahun tubuh kehilangan 15 kolagen setiap tahunnya.

Baca juga: Ketahui 7 Faktor Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Berikut 7 makanan yang kaya kolagen yang bisa Anda coba:
1. Kaldu Tulang Sapi

Kaldu tulang sapi merupakan sumber kolagen alami yang tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga untuk kesehatan rambut dan kuku.

2. Sarden

Kolagen ikan dapat ditemukan pada tulang, kulit, dan sisik ikan. Selain sarden, fillet salmon dengan kulitnya juga bisa menjadi sumber kolagen yang baik.

3. Jeroan

Hati, otak, dan ginjal hewan kaya akan kolagen. Namun, konsumsi jeroan perlu dibatasi meskipun bermanfaat bagi kesehatan kulit.

4. Permen Jeli

Gelatin dalam permen jeli terbuat dari kolagen yang terhidrolisis. Namun, karena kandungan gulanya tinggi, konsumsi permen jeli perlu dibatasi.

Baca juga: Ketahui Bahaya Contact Lens untuk Mata Minus Hingga Silindris

5. Buah Beri

Buah beri seperti blueberry, raspberry, dan strawberry kaya akan vitamin C, yang membantu tubuh memproduksi kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

6. Putih Telur

Putih telur mengandung proline, asam amino yang penting untuk pembentukan kolagen dalam tubuh.

7. Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan kuat yang mendukung kesehatan kulit dan membantu produksi kolagen.

Konsumsi makanan-makanan ini secara rutin dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan tampak awet muda tanpa harus bergantung pada suplemen kolagen. (cnn/hm25)

Related Articles

Latest Articles