20 C
New York
Tuesday, September 17, 2024

Pertama Kali Rudal Houthi Melesak ke Israel, Netanyahu Mencak-mencak

Yerusalem, MISTAR.ID

Kelompok Houthi di Yaman baru-baru ini melakukan serangan rudal balistik hipersonik ke wilayah yang dikuasai Israel. Menurut laporan Reuters dan Al Arabiya, juru bicara Houthi Yahya Sarea mengklaim rudal tersebut menempuh jarak 2.040 km hanya dalam 11 1/2 menit.

Wakil kepala media Houthi, Nasruddin Amer dalam pernyataannya dilansir, Selasa (17/9/24), mengonfirmasi bahwa rudal tersebut mencapai Israel setelah 20 rudal pencegat gagal menghentikannya.

Meski sirene serangan udara berbunyi di Tel Aviv, tidak ada korban luka dilaporkan. Rudal diduga pecah di udara, dengan beberapa bagian jatuh di ladang dan dekat stasiun kereta api.

Baca Juga : Setelah Roket Katyusha Hizbullah, Israel Dihujani Roket M90 Hamas

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menanggapi dengan marah, menyatakan bahwa Israel akan menuntut “harga yang mahal” atas serangan tersebut. Netanyahu juga mengacu pada serangan balasan Israel terhadap Yaman pada bulan Juli sebagai respons terhadap serangan Houthi sebelumnya.

Houthi telah beberapa kali melancarkan serangan rudal dan drone ke Israel sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina, terutama setelah serangan Hamas terhadap Israel pada Oktober lalu. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles