17.1 C
New York
Monday, September 16, 2024

Jalinsum Kisaran-Pematangsiantar Terancam Putus di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge

Asahan, MISTAR.ID

Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan Kisaran dengan Pematangsiantar melalui Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, menghadapi risiko terputus akibat kerusakan parah di beberapa titik.

Amatan wartawan, Senin (16/9/24) salah satu lokasi yang paling mengkhawatirkan berada di Simpang Silabat, Dusun IX, Desa Huta Padang. Terlihat bagian jalan yang amblas dan ditutupi oleh goni agar pengendara tidak celaka.

Tokoh masyarakat Bandar Pasir Mandoge, Jaga Sitorus mengatakan sejak akhir tahun 2023 lalu, badan jalan di titik tersebut mulai amblas sepanjang sekitar 12 meter.

Baca juga: Jalan Amblas di Sidamanik Seolah Dibiarkan, Warga Takut Semakin Lebar

“Kondisi ini bahkan telah memakan korban, di mana seorang warga Desa Huta Padang mengalami kecelakaan ketika mobil pribadinya terperosok di jalan yang amblas,” ujarnya.

Masalah semakin memburuk pada Agustus 2024, ketika satu titik lagi sekitar 100 meter dari lokasi pertama mengalami kerusakan serupa. Jalan amblas sepanjang lima meter, membuat kondisi semakin berbahaya bagi para pengguna jalan.

Dengan curah hujan yang tinggi di bulan-bulan akhir tahun, kondisi ini dikhawatirkan akan memperparah kerusakan. Air hujan berpotensi mengikis lebih banyak bagian jalan, meningkatkan risiko jalur tersebut terputus sepenuhnya.

Baca juga: Jalan Amblas di Desa Sarintonu, Akses Sementara dengan Jembatan Batang Kelapa

“Apabila jalan ini terputus, distribusi Tandan Buah Segar dari wilayah Simalungun yang biasa diolah di pabrik di Desa Huta Padang akan terganggu. Aktivitas ekonomi masyarakat yang mengandalkan penjualan sawit juga diperkirakan akan terhambat,” ujarnya.

Masyarakat setempat berharap pihak berwenang segera mengambil tindakan perbaikan untuk mencegah putusnya akses penting ini. Dengan demikian, distribusi barang dan aktivitas ekonomi di wilayah tersebut dapat terus berjalan dengan lancar tanpa gangguan. (perdana/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles