19.8 C
New York
Saturday, September 14, 2024

Beram Jalan di Kebun Sayur Simalungun yang Amblas Harus Segera Diperbaiki

Simalungun, MISTAR.ID

Beram di Jalan Besar Sidamanik, Dusun Kebun Sayur, Nagori Nauli Baru, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun amblas karena tergerus aliran air. Amblasnya beram telah merembes dan memakan sidikit bagian aspal jalan. Bahkan, jalan di bawah beram aspal telah kropos, dan berpotensi akan melebar sampai ke badan jalan.

Masyarakat setempat mengatakan, amblasnya beram terjadi secara bertahap. Dimana aliran air terus mengikis beton saluran irigasi sehingga jebol. Jebolnya beton saluran irigasi, membuat air masuk ke daerah dasar jalan, dan longsor pun semakin membesar.

“Ini kan saluran air, bulan lalu betonnya yang jebol, dan setiap hari makin lebar,” ujar R Marpaung, warga setempat, Sabtu (14/9/24).

Baca Juga : Jalan Rusak di Gerbang Pelabuhan Sibolga Merusak Pemandangan

Dengan semakin melebarnya beram yang amblas, masyarakat berinisiatif membuat sebuah tanda agar pengendara tidak melintas di atas aspal yang keropos. “Ini sudah kosong, jadi kita buat kayu sebagai tanda,” ucapnya.

Dia dan warga lainnya juga berharap jalan tersebut bisa segera diperbaiki. “Kalau untuk jalan masih bagus, yang perlu diperbaiki itu saluran irigasinya, yang jebol dibangun ulang,” sebutnya.

Pantauan Mistar di lokasi, jalan amblas cukup lebar dan bagian bawah tampak kropos. Saluran irigasi pun dipenuhi sampah, dan sedimen dipenuhi rumput. Warga menyebut jalan amblas itu sudah dibiarkan selama 6 bulan terakhir. (roland/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles