16.1 C
New York
Friday, September 13, 2024

Rusia Usir Enam Diplomat Inggris Atas Dugaan Spionase

Moskow, MISTAR.ID

Rusia telah mencabut akreditasi enam diplomat Inggris, menuduh mereka melakukan spionase. Langkah yang diumumkan pada Jumat (13/9/24) tersebut dilakukan di tengah ketegangan yang sedang berlangsung antara kedua negara.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) menyatakan para diplomat dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional.

“Sebagai tindakan balasan atas berbagai tindakan tidak bersahabat di London, Kementerian Luar Negeri Rusia telah mencabut akreditasi enam staf departemen politik Kedutaan Besar Inggris di Moskow,” FSB mengumumkan.

FSB juga menuduh para diplomat tersebut terlibat dalam “kegiatan subversif dan pengumpulan intelijen.”

Baca Juga : Terungkap Paus Hvaldimir ‘Agen Rahasia’ Rusia Mati Ditembak

Hubungan diplomatik antara Rusia dan Inggris telah memburuk secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Mei, Inggris mengusir enam diplomat Rusia atas tuduhan spionase serupa, termasuk Kolonel Maxim Elovik, yang menjabat sebagai atase pertahanan sejak tahun 2014.

Tindakan baru-baru ini mengikuti serangkaian tindakan pembalasan, termasuk penutupan beberapa kantor diplomatik Rusia dan pembatasan baru terhadap visa diplomatik.

Ketegangan hubungan kedua negara diperburuk dengan invasi Rusia ke Ukraina. Inggris menuduh Presiden Vladimir Putin berusaha mencaplok Ukraina dan mengintegrasikannya ke Rusia, sementara Rusia menuduh Inggris memperpanjang konflik dengan memasok senjata ke Ukraina. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles