17.1 C
New York
Friday, September 13, 2024

Peningkatan Keamanan, Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Cek Kamar WBP

Simalungun, MISTAR.ID

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar, Ucok Sinabang, memimpin langsung pengecekan kondisi blok kamar warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Jumat (13/9/24).

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas.

Pengecekan difokuskan pada kondisi fisik bangunan, termasuk teralis besi dan lantai kamar. “Teralis besi di setiap blok sudah dipasang sejak lama, sehingga pengecekan ini penting untuk memastikan tidak ada kerusakan atau potensi bahaya, seperti teralis yang patah atau lantai yang retak,” ujar Ucok.

Baca juga: Peringati Hari Pengayoman ke-79, Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Gelar Donor Darah

Selain kondisi bangunan, kebersihan kamar dan sistem pengamanan juga diperiksa. Menurut Ucok, hal itu merupakan bagian dari manajemen risiko yang bertujuan untuk mendeteksi dini dan mencegah terjadinya insiden keamanan di dalam blok hunian WBP.

“Kami memastikan semua sarana dan prasarana sistem pengamanan berfungsi dengan baik,” tambahnya.

Selama pengecekan, petugas menemukan sambungan listrik liar di beberapa kamar blok WBP. Sambungan tersebut langsung diputus oleh petugas karena dianggap membahayakan.

“Sambungan listrik seperti ini sangat berisiko dan dapat menimbulkan bahaya bagi para penghuni,” tambah Ucok. (indra/hm25)

Related Articles

Latest Articles