17.8 C
New York
Thursday, September 12, 2024

Wushu PON XXI Mulai Berlaga, 29 Medali Emas Diperebutkan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Cabang olahraga (cabor) wushu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mulai dipertandingkan di GOR Serbaguna Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada Kamis (12/9/24) pagi.

“Baik, di hari pertama wushu sudah memulai pertandingan pada pagi hari ini, dan berjalan lancar,” ujar Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Wushu PON XXI, Darsen Song kepada mistar.id.

Darsen menjelaskan, wushu menjadi salah satu cabor lumbung medali. Sebanyak puluhan medali diperebutkan kontingen hingga 15 September 2024 mendatang.

Baca juga:Atlet Wushu Berlabel Asia Siap Beri Jurus Terbaiknya di PON XXI

“Wushu PON 2024 kali ini diikuti oleh 28 provinsi untuk memperebutkan 29 set medali. Pada hari pertama ini ada 4 nomor final yang akan memperebutkan medali,” ungkapnya.

Wushu juga akan mempertandingkan 29 nomor pertandingan di antaranya 16 nomor putra yaitu Taolu-Changquan, Taolu-Nanquan, Taolu-Nangun+Nandao, Taolu- Jianshu+Qiangshu, Taolu-Daoshu+Gunshu, Taolu-Taijiquan, Taolu-Taijijian, Taolu-Duilian, Sanda-Kelas 48 Kg, Sanda-Kelas 52 Kg, Sanda-Kelas 56 Kg, Sanda-Kelas 60 Kg, Sanda-Kelas 65 Kg, Sanda-Kelas 70 Kg, Sanda-Kelas 75 Kg, dan Wing Chun Wooden Dumny+Wing Chun Butterfly Sword.

Sementara itu, untuk putri akan mempertandingkan 13 nomor yakni Taolu-Changquan, Taolu-Nanquan, Taolu-Nangun+Nandao, Taolu-Jianshu+Qiangshu, Taolu-Daoshu+Gunshu, Taolu-Taijiquan, Taolu-Taijijian, Taolu-Duillian, Sanda-Kelas 48 Kg, Sanda-Kelas 52 Kg, Sanda-Kelas 56 Kg, Sanda-Kelas 60 Kg, serta Wing Chun Wooden Dumny+Wing Chun Butterfly Sword.

Baca juga:Wushu Sumut Targetkan Lebih dari 5 Medali Emas di PON XXI 2024

Darsen pun menyebutkan setiap hari bakal dilaksanakan Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) di setiap nomor pertandingannya. “Ya setiap hari akan ada UPP, setiap sesi siang dan sore akan ada UPP kita buat,” tuturnya.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Indonesia Sumut ini juga berharap Sumut bisa tampil sesuai dengan yang diharapkan nantinya.

“Ya kita masih optimis, mudah-mudahan kondisi atlet prima, dan berharap target yang kami miliki bisa tercapai, mohon doa dan dukungannya,” pungkasnya. (iqbal/hm16)

Related Articles

Latest Articles