18.5 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Penyuluhan Jabatan, Direktur Bina PTKDN: Persiapan Masuk Pasar Kerja Nasional

Medan, MISTAR.ID

Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta & PKK) menyelenggarakan penyuluhan jabatan bagi Alumni pelatihan berbasis kompetensi di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP), Jalan Amal No 9, Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, pada Rabu (11/9/24).

Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN), Siti Kustiati, sekaligus ketua penyelenggara mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan bekal pada peserta untuk dapat menambah pengetahuan sebagai pencari kerja.

“Terutama kiat memasuki dunia kerja, sehingga pencari kerja mampu untuk mendapatkan pemahaman dan gambaran terkait dengan dunia kerja, serta dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan mereka,” katanya.

Baca juga:Loker ke Gedung Merdeka Siantar Dibuka, Disnaker Diserbu Pencari Kerja

Melalui penyuluhan jabatan ini, diharapkan dapat menambah bekal peserta dalam mempersiapkan setiap tahapan yang harus dilakukan, dan siap untuk masuk ke dalam pasar kerja nasional.

“Semoga kegiatan ini juga memberikan dampak positif, membantu peserta lebih pede menghadapi HRD (Human Resource Development) saat wawancara. Ada juga narasumber dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) yang kita harapkan bisa menguatkan dan meyakinkan peserta untuk lebih memahami diri ‘kira-kira saya kurangnya apa, kelebihannya apa, minatnya dimana’,” lanjutnya.

“Jadi harapan kami, para peserta betul-betul menyiapkan rencana aksi untuk mewujudkan cita-cita atau impian. Mungkin kemarin belum paham apa yang harus dilakukan untuk menghadapi dunia kerja, tapi semoga setelah penyuluhan jabatan ini semakin paham step by step atau timeline yang harus dilakukan setelah selesai mengikuti pelatihan dan masuk ke dunia kerja,” sambung Siti lagi.

Baca juga:Dinsos Pakpak Bharat Gelar Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Pencari Kerja

Kegiatan ini diikuti 100 orang alumni yang telah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di BBPVP Medan. (susan/hm16)

Related Articles

Latest Articles