21.1 C
New York
Tuesday, September 10, 2024

Pertamina Jalin 13 Kerja Sama untuk Percepatan Program Perhutanan Sosial di Indonesia

Denpasar, MISTAR.ID

PT Pertamina (Persero) telah menandatangani 13 perjanjian kerja sama dengan kelompok usaha di seluruh Indonesia, guna mempercepat pelaksanaan program perhutanan sosial.

Dalam upaya ini, Pertamina akan mendampingi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) untuk mengembangkan usaha produktif di kawasan hutan sosial, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan.

Menurut Sekretaris Perusahaan Pertamina, Brahmantya S. Poerwadi, langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, tidak hanya dalam hal tanggung jawab sosial perusahaan tetapi juga dalam mendukung pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

Beberapa KUPS yang terlibat telah mulai menghasilkan produk bernilai tambah, seperti madu hutan dan agrowisata.

Baca juga: Sering Pencurian, Baharkam Polri Tinjau Jalur Pipa Minyak Pertamina di Belawan

Mahfudz, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, menekankan pentingnya kerja sama ini sebagai upaya bersama untuk menciptakan akses pasar dan peluang ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menambahkan bahwa sinergi ini juga berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama dalam kesejahteraan masyarakat dan kelestarian ekosistem daratan.

“Kami berharap upaya ini dapat mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Apalagi dalam menggeakkan perekonomian telah berbagai upaya tanggung jawab sosial lingkungan yang kami lakukan,” tukasnya. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles