20.7 C
New York
Saturday, September 7, 2024

Pengamanan PON Aceh-Sumut Libatkan Polda Lampung, Sumsel dan Riau

Logo PON Aceh-Sumut.(f:ist/mistar)

Medan, MISTAR.ID

Tinggal hitungan hari acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut pada tanggal 9 September 2024 segera berlangsung.

Artinya, seluruh kegiatan pertandingan cabang olahraga (cabor) akan segera bertanding untuk memperebutkan juara.

Sementara di sisi lain, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Sumut) terus menerus menyiapkan berbagai langkah-langkah pengamanan.

Baca juga:Pengamanan PON XXI, Polres Sergai Pastikan Kesiapan Venue dan Personelnya

Dalam pengamanan event itu, tidak hanya melibatkan Polda Sumut saja, melainkan beberapa Polda dari sejumlah provinsi lain di luar Pulau Sumatera.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi menyebut, dalam pengamanan PON Aceh-Sumut diturunkan 4.000 orang lebih personel gabungan yang diback up full pihak TNI tergabung dalam sandi Operasi Harta Toba.

“Ini terdiri terdiri dari personel Polda Sumut. Kemudian ada personel yang di backup dari Korlantas Polri,” ujar Hadi, pada Sabtu (7/9/24).

Kata Hadi, dalam pengamanan PON Aceh-Sumut tidak hanya melibatkan jajaran Polda Sumut saja. Namun dibantu oleh beberapa Polda lainnya.

Baca juga:Kapolda Sumut Pimpin Apel Persiapan Pengamanan PON Aceh-Sumut

“Kita diback up dari Polda Sumatera Selatan (Sulsel), Polda Riau, dan Polda Lampung untuk tindakan armada pengawalan,” tuturnya.

Lanjut Hadi, personel dari Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut dan beberapa Polda telah berada di Sumut dan sudah mulai melakukan tugas pengawalan.

Pengawalan mulai dari tempat penginapan hingga ke venue yang diselenggarakan pertandingan ataupun perlawanan selama PON berlangsung.

“Polda Sumut juga melibatkan personel dari Kodam I/Bukit Barisan dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama-sama memberikan pengamanan di setiap venue yang ada,” timpalnya. (matius/hm16)

Related Articles

Latest Articles