16.9 C
New York
Thursday, September 5, 2024

Bawaslu Sumut Ingatkan Pentingnya Integritas Kepada Jajaran

Medan, MISTAR.ID

Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan bahwa setiap jajaran Bawaslu yang terbukti melakukan pelanggaran akan mendapatkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Saat dikonfirmasi, Kordiv Humas dan Datin Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada laporan terkait pelanggaran. “Sampai sejauh ini belum ada laporan terkait jajaran Bawaslu yang melakukan pelanggaran,” ujarnya, Kamis (5/9/24).

Meski begitu, Saut tetap menegaskan bahwa setiap pelanggaran akan mendapatkan sanksi sesuai aturan. Bawaslu ingin memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam proses pengawasan pemilihan serentak, bertindak secara transparan dan sesuai dengan hukum.

“Ini penting untuk menjaga kepercayaan publik terhadap proses Pemilu dan memastikan bahwa semua tindakan yang dilakukan dengan adil dan sesuai prosedur,” tegasnya.

Saut berharap setiap anggota Bawaslu kabupaten/kota di Sumut agar mematuhi aturan dan menjalankan tugas dengan integritas, mengetahui bahwa pelanggaran akan berakibat pada sanksi.

Baca Juga : Bawaslu Sumut Proses Laporan Dugaan Dukungan Palsu Calon Bupati Tapsel

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Diapari Lubis juga sudah mengingatkan bahwa untuk mencegah terjadinya pelanggaran serta menindak pelanggaran tanpa keraguan, maka pengawas Pemilu harus senantiasa menjaga integritas, profesionalitas, dan soliditas.

Hal tersebut diungkapkan Aswin saat Bawaslu Sumut menggelar Rapat Pencegahan Pelanggaran dan Sengketa pada Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 di Deli Serdang, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Aswin juga menegaskan bahwa integritas bagi pengawas Pemilu adalah suatu keharusan dan tidak bisa ditawar. Baginya, integritas adalah satu pikir, kata, dan perbuatan yang sama.

“Integritas itu ibarat cahaya, akan menerangi jalan pengawasan untuk mencegah dan menindak, tanpa integritas kita seperti berjalan di kegelapan,” pungkasnya. (maulana/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles