17.1 C
New York
Wednesday, September 4, 2024

Dinsos Taput Bergerak Cepat Tanggapi dan Tangani Bencana Alam

Taput, MISTAR.ID

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami musibah bencana alam, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) selalu peduli dan cepat tanggap memberikan rasa penghiburan dengan memberikan bantuan dan tali asih dan doa, baik pribadi maupun dari instansi.

Ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Taput, Denny Simamora saat disambangi mistar.id ke kantornya, pada Rabu (4/9/24).

“Dalam tahun ini saja, sudah banyak bencana yang tidak kita harapkan datang di Kabupaten Taput, mulai dari peristiwa kebakaran, tanah longsor, hujan es, dan angin puting beliung,” ucap Denny.

Baca juga:Kadinsos Taput Minta Warga Manfaatkan Bansos agar Hidup Lebih Baik

Seperti bencana hujan es dibarengi angin puting beliung yang terjadi, pada Minggu (1/9/24) di Desa Bahal Batu 3, Kecamatan Siborongborong, sampai menelan 1 orang meninggal dunia, korban luka-luka dan menghancurkan 16 unit atap rumah warga.

“Kita sudah memberikan bantuan berupa sembako dan santunan tali asih, pada Senin (2/9/24) kemarin bersama dengan Penjabat (Pj) Bupati, Camat Siborongborong, Kepala Desa (Kades) Bahal Batu 3 dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke masyarakat yang terdampak bencana,” kata Denny.

Lanjutnya, ini sebagai bentuk peduli terhadap sesama dan menunjukkan rasa solidaritas, sehingga dapat menjadi obat doa penghiburan agar kejadian yang menimpa warga tidak terulang dan bisa segera dilupakan.

Baca juga:Warga Minta Dinsos Tertibkan 2 Tunawisma di Terminal Tarutung

Dinsos Taput juga sudah melakukan koordinasi ke Kementerian Sosial (Kemensos) atas bencana alam yang terjadi di daerah itu, agar kiranya segera membukakan hati untuk ikut saling peduli sesama pada masyarakat yang menjadi korban.

“Mudah-mudahan kita doakan bersama supaya bantuan dari Kemensos bisa juga cepat terealisasi ke masyarakat yang terdampak bencana alam. Karena semua datanya sudah langsung kami kirimkan ke Kemensos,” ujar orang nomor 1 di Dinsos Taput ini.

Sementara bantuan berupa seng, broti dan papan untuk kembali membangun dan memperbaiki kerusakan rumah para korban, Denny bilang, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Taput yang nantinya akan menyerahkannya. (pembela/hm16)

Related Articles

Latest Articles