20.1 C
New York
Monday, September 9, 2024

Pilkada Kota Medan 2024 Dipastikan Satu Putaran

Medan, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Mutia Atiqah memastikan bahwa Pilkada Kota Medan 2024 akan berlangsung satu putaran saja.

Artinya, suara tertinggi diantara ketiga pasangan calon (paslon) akan menjadi pemenang dalam kontestasi demokrasi tersebut.

“Aturannya cuma satu putaran saja. Lain halnya kalau yang melawan kotak kosong ya, itu harus 50 persen + 1 persen. Namun di Pilkada Medan kan tidak ada kotak kosong,” ucap Mutia saat dikonfirmasi Mistar, Selasa (3/9/24).

Dijelaskan Mutia, dari ketiga paslon yang mengikuti Pilkada Kota Medan 2024, hanya ada 1 orang yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni Prof Ridha Dharmajaya.

Baca juga: Pemeriksaan Kesehatan Ketiga Paslon Wali Kota Medan Selesai

“Yang bersangkutan (Prof Ridha) sudah menyerahkan bukti surat pengajuan pengunduran dirinya saat mendaftar. Namun sebelum penetapan paslon pada 22 September 2024 nanti, Prof Ridha harus menunjukkan surat keterangan (SK) pengunduran dirinya,” jelasnya.

Saat ini, kata Mutia, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan kesehatan ketiga paslon dari RSUP H Adam Malik.

“Pukul 16.00 WIB nanti diserahkan pihak RSUP H Adam Malim ke kita (KPU Medan). Jadi hasilnya kita belum tau, nanti kita tunggu saja ya,” pungkasnya. (rahmad/hm25)

Related Articles

Latest Articles