19.8 C
New York
Saturday, September 7, 2024

Pengerjaan Lapis Pondasi Timbulkan Debu, Warga Blokir Jalinsum Datuk Tanah Datar Batu Bara

Batu Bara, MISTAR.ID

Pengerjaan Base Course (lapis pondasi) pelebaran jalan sepanjang sekitar 2 kilometer yang saat ini sedang dikerjakan di sepanjang Jalinsum Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batu Bara diprotes warga.

Pasalnya, material base course yang terdiri atas campuran batu pecah, kerikil pecah yang distabilisasi dengan semen, aspal, pozzolan dan kapur menimbulkan abu yang beterbangan hingga ke rumah-rumah warga.

Ironisnya, pihak rekanan tidak melakukan penyiraman berkala untuk mencegah abu yang beterbangan. Meski warga sudah mengajukan protesnya, namun rekanan tidak mengindahkannya.

Baca juga : Protes Jalan Rusak akibat Proyek Tol Kisaran, Warga Desa Gedangan Blokir Jalan

Bahkan pengerjaan terus berlangsung hingga malam hari di Jalinsum Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batu Bara.

Abu yang dihasilkan dari pengerjaan Base Course bahkan telah menyebabkan beberapa warga terserang ispa (infeksi saluran pernafasan atas).

Demikian pula pedagang pinggir jalan yang umumnya menjual makanan dan minuman mengeluhkan dagangannya sepi pembeli.

Karena komplain yang diajukan tidak digubris, spontan warga melakukan pemblokiran jalan lintas sehingga tidak ada kendaraan yang dapat melewatinya.

Related Articles

Latest Articles