18.2 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Harga Bahan Pokok di Sumut Berfluktuasi pada Awal Pekan

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah harga kebutuhan bahan pokok seperti cabai, bawang, tomat, daging dan beras mengalami fluktuasi (turun-naik) pada penjualan awal pekan. Kenaikan harga terjadi pada komoditas cabai merah dan rawit, serta beras medium.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan ESDM Sumut mendata, harga bahan pokok seperti beras masih ditransaksikan di atas HET hingga mencapai Rp15.469/kg dengan rata-rata transaksi di kota Indeks Harga Tertinggi (IHK).

“Harga beras saat ini mengalami kenaikan 0,1 persen jika dibandingkan dengan pekan lalu. Di beberapa daerah harga ini masih ditransaksikan di atas HET seperti di Sibolga yang masih dijual Rp15,469/Kg, sedangkan untuk HET berada di angka Rp13.100/Kg, sementara terendah ada di Nias Rp12.812/Kg,” ujar Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Sujatmiko, Senin (2/9/24).

Baca Juga : Disperindag Antisipasi Kenaikan Harga Komoditas di Musim Penghujan

Sementara itu, harga bawang merah lokal mengalami penuruan sebesar 1,5 persen jika dibandingkan dengan harga pekan lalu. “Berdasarkan catataan siharapanku, harga bawang merah dijual Rp24.407/Kg dan merupakan harga terendah jika dibandingkan bulan Agustus lalu,” katanya.

Selain penurunan, harga cabai rawit masih bertahan mahal. Saat ini harga cabai rawit tertinggi berada di daerah Padang Lawas Utara (Paluta) yang mencapai Rp60.000/Kg. “Sedangkan daerah terendah ada di Tanjungbalai dan Labuhanbatu Utara (Labura) yang dijual Rp36.000/Kg, sedangkan di Medan harga cabai rawit tembus hingga Rp50.000/Kg,” ungkapnya.

Komoditas daging ayam saat ini juga mengalami penurunan 0,8 persen jika dibandingkan dengan harga akhir minggu lalu saat ini harga ayam Rp31.380/Kg. “Untuk harga termurah ada di kota Tebing Tinggi Rp22.500/Kg, sedangkan tertinggi di Sibolga mencapai Rp49.855/Kg,” tukasnya. (dinda/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles