22.3 C
New York
Sunday, September 1, 2024

Kemenlu Buka Suara Soal Diduga WNI Bikin Gaduh di Jepang

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI menelusuri video viral sekelompok orang yang diduga WNI melakukan berbagai kegiatan yang meresahkan di Jepang. Kelompok itu disebutkan melakukan berbagai aksi yang membuat resah warga Osaka, Jepang.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha mengatakan, pihaknya tengah berkomunikasi dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia di Jepang.

“Masih kita dalami untuk mengetahui kebenarannya,” ujar Judha, Minggu (1/9/24).

Melalui akun media sosial KBRI Tokyo, masyarakat Indonesia yang tengah berada di Jepang diimbau selalu mematuhi segala peraturan yang berlaku. Masyarakat Indonesia di sana juga diminta mengikti semua aturan, norma, kebiasan, bahkan aturan hukum setempat.

Baca Juga : Jepang Dilanda Topan Shanshan, 3 Tewas dan 78 Warga Terluka

“Setiap pelanggaran memiliki konsekuensi yang menjadi tanggung jawab pelaku,” dikutip dari akun KBRI Tokyo.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga diminta turut serta menjaga ketertiban umum, menjaga nama baik bangsa dan negara, serta diminta untuk selalu mengingatkan satu sama lain.

Pihak KBRI juga mengingatkan bahwa aparat setempat memiliki otoritas untuk mengambil tindakan hukum. Terutama kepada Warga Negara Asing, termasuk Indonesia. Jika terbukti melanggar ketertiban maupun berbagai ketentuan yang berlaku di Jepang. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles