23.3 C
New York
Sunday, September 1, 2024

Pemkab Labusel Pasang Internet Gratis di Sekolah dan Puskesmas

Labusel, MISTAR.ID

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BAKTI Kominfo RI) memberikan bantuan pembangunan Infrastruktur Layanan Akses Internet (Al) gratis di 29 titik di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) tahun 2024.

Kabupaten Labusel mendapatkan bantuan Infrastruktur Layanan Akses Internet (Al) gratis dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BAKTI Kominfo RI). Bantuan tersebut tersebar di sejumlah wilayah yang belum terjangkau jaringan internet.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Labusel, M. Iqbal Nst, mengatakan, bantuan Akses Internet (Al) gratis tersebut merupakan bantuan dari BAKTI Kominfo RI sebanyak 29 titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Labusel. Titik lokasi yang mendapat bantuan akses internet gratis ini antara lain di beberapa Sekolah Dasar (SD), Raudhatul Athfal (RA), serta Puskesmas.

Baca juga:Pemko Sediakan Internet Gratis di Puncak Perayaan HUT Siantar, Semua Bisa Mengakses

Dikatakan, program ini juga merupakan komitmen dari Pemkab Labusel dalam rangka mengurangi kesenjangan digital antar wilayah terutama wilayah-wilayah yang susah mendapatkan akses internet.

Iqbal menjelaskan, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BAKTI Kominfo RI) terus mempercepat penyelesaian dan optimalisasi program pembangunan infrastruktur Telekomunikasi dan Informasi untuk mendukung transformasi digital nasional salah satunya adalah menyediakan infrastruktur layanan Akses Internet (AI) gratis kepada masyarakat yang berfokus pada daerah minim internet pada fasilitas publik seperti sekolah, kantor desa/ kelurahan, puskesmas serta fasilitas publik lainnya.

Iqbal melanjutkan, upaya ini sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam upaya peningkatan perkembangan literasi digital masyarakat serta pemerataan akses internet di daerah- daerah blank spot yang ada di wilayah Kabupaten Labusel.

“Untuk tahun ini kita mendapatkan alokasi bantuan 29 titik yang sebelumnya sudah diusulkan melalui aplikasi PASTI” jelas Iqbal di ruang kerjanya, Jumat (30/8/24).

Baca juga:Bantuan Kuota Internet Gratis Bagi Pelajar Kembali Disalurkan, Cek Persyaratannya

Iqbal memaparkan bahwa, sebelumnya Dinas Kominfo Labusel mengusulkan 29 titik berdasarkan hasil pengamatan lapangan serta permintaan masyarakat. Setelah Kementerian menerima usulan serta menyetujui alokasi bantuan tersebut, Dinas Kominfo kemudian diminta untuk melakukan verifikasi serta validasi ulang instansi penerima bantuan seperti ketersediaan listrik, titik koordinat, keamanan serta kelayakan lokasi sebelum dimulai pemasangan.

Iqbal berharap bantuan infrastruktur layanan Akses Internet (Al) gratis ini nantinya dapat bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat agar dapat mendukung kemajuan daerah dan masyarakat dapat lebih mudah dalam mendapatkan informasi serta layanan lainnya.

“Dengan adanya bantuan akses internet gratis ini, masyarakat Kabupaten Labusel yang berdomisili jauh dari pusat kota dan tidak terjangkau oleh internet bisa mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi serta bisa menggunakan berbagai layanan melalui akses internet. Apalagi saat ini banyak layanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat memanfaatkan internet, seperti bidang pendidikan, kesehatan, kependudukan, serta banyak lagi,” paparnya.(oel/hm17)

Related Articles

Latest Articles