22.7 C
New York
Wednesday, August 28, 2024

Harapan Peserta Pelatihan BBPVP, Peluang Kerja Hingga Fasilitas

Medan, MISTAR.ID

Dani (22), salah seorang peserta di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produksi (BBPVP) mengaku mengikuti pelatihan sembari menanti jadwal wisudanya dari salah satu universitas negeri di Kota Medan.

“Sembari menunggu jadwal wisuda banyak waktu luang. Jadi nyoba-nyoba lah ke sini. Biar sekalian tambah pengalaman dan ilmu. Terus nanti dapat sertifikat juga,” ucapnya saat ditemui mistar.id di BBPVP Medan, Jalan Amal, Kelurahan Lalang, Selasa (27/8/24).

Dani mengaku senang, karena di sela-sela waktu luangnya, ia dapat produktif untuk memperdalam ilmu melalui pelatihan surveyor. Dia telah menjalani pelatihan selama satu bulan dan akan selesai pada awal September mendatang.

“Di sini juga dapat uang saku, dan dikasih makan siang tiap harinya. Pagi-pagi juga sudah harus sampai di lokasi BBPVP, jadi lebih disiplin,” jelasnya.

Baca juga: BBPVP, Pelatihan Gratis untuk Prospek Kerja Masa Depan

“Di sini juga udah langsung ke prakteknya. Jadi kita lebih paham tentang dunia kerja. Ya, mudah-mudahan bisa dapat kerja lebih baik kedepannya,” sambungnya.

Terpisah, dua peserta caregiver ke Jepang, Dafa dan Muchtar telah menjalani pelatihan selama kurang lebih satu bulan. Keduanya memilih program caregiver ke Jepang yang bekerja sama dengan Hinode.

Muchtar yang lulusan keperawatan mengatakan lebih mudah mengikuti pelatihan karena sebelumnya telah mempelajarinya juga saat kuliah.

Sementara Dafa meski tidak mendapat ilmu dari perkuliahan, sebelumnya ia juga pernah masuk ke LPK (lembaga pelatihan kerja).

“Pilih ke Jepang itu karena prospek kerja di sana lebih fleksibel dan menjamin. Karena di Jepang juga sekarang angka lansia itu makin meningkat daripada anak mudanya,” kata Muchtar.

Related Articles

Latest Articles