18.9 C
New York
Tuesday, August 27, 2024

Fasilitas Kesehatan PON XXI, Ambulans VVIP Disiagakan 24 Jam

 

Medan, MISTAR.ID

Bidang Kesehatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, telah menyiapkan fasilitas kesehatan seperti ambulance yang akan disiagakan  24 jam. Satu di antaranya disebut akan disiagakan untuk tamu VVIP (very very important person).

“Jadi ambulan disiapkan 24 jam, baik di lokasi pertandingan, di venue, di hotel dan di tempat-tempat strategis,” kata Pj Gubernur Sumatera Utara , Agus Fatoni, saat melepas 79 unit ambulance PON XXI, di Rumah Dinas Gubsu, Selasa (27/8/24).

Lebih lanjut dijelaskannya, setiap venue nantinya akan disiagakan minimal dua unit ambulans.

Baca juga: Pj Bupati Deli Serdang Lepas 129 Atlet untuk PON XXI

“Ketika salah satu ambulance sedang mengantar maka yang satu standby (siaga) di lokasi. Apabila dua-duanya mengantar, nanti akan dikirimkan ambulance lagi untuk standby,” jelasnya.

Dengan fasilitas ambulance tersebut, diharapkan para atlet, official tim hingga masyarakat bisa mendapat pelayanan kesehatan dengan baik.

Fatoni menambahkan, setiap ambulance untuk PON XXI sudah dilengkapi unit perlengkapan medis oleh paramedis.

Baca juga:Pj Gubsu Minta Panitia Perhatikan Hal Detail Saat PON, Termasuk Antisipasi Hujan

“Di dalam satu ambulan, minimal ada tiga personel, yaitu pengemudi, perawat, dan dokter. Dilengkapi dengan obat-obatan, peralatan yang lengkap seperti ventilator hingga pompa oksigen,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Bidang Kesehatan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB-PON) XXI Sumut 2024, Basarin Yunus Tanjung juga menjelaskan 2 kriteria ambulance dalam pelaksanaan PON XXI.

“Kriteria ambulance ini terdiri dari ambulance advance dan ambulans transport. Ambulance advance adalah ambulance yang berisikan peralatan yang lengkap disiapkan di venue dan medical center. Sedangkan ambulance transport adalah ambulance untuk penyelenggaraan yang disediakan di hotel,” katanya.

Pantauan Mistar, salah satu ambulance yang disediakan milik Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan yang akan digunakan untuk tamu VVIP.

Baca juga: Bowling Sumut Optimis Penuhi Target 6 Emas di PON XXI 2024

“Ambulance tersebut kita siagakan untuk mengiringi perjalanan tamu VVIP ketika pembukaan PON XXI di Sumut nanti,” ungkap Basarin.

Terkait ambulance advance, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumut mengatakan bahwa akan menempatkan di masing-masing medical center.

“Urgensinya sangat penting ketika terjadi kecelakaan ataupun peristiwa kegawatdaruratan. Sehingga untuk penanggulangan dalam pertolongan pertamanya bisa secara lengkap diberikan melalui ambulance tersebut,” pungkasnya. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles