26.6 C
New York
Tuesday, August 27, 2024

Warga Palas Taman 100 Batang Pohon Cabai, Raup Jutaan Rupiah per Bulan

Palas, MISTAR.ID

Warga Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara, berhasil memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam cabai rawit, yang kini menghasilkan pendapatan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Salah satu contoh keberhasilan ini adalah Sungkono, seorang warga Kecamatan Lubuk Barumun yang telah menetap di Padang Lawas selama hampir 31 tahun.

Sungkono, yang berasal dari Kabupaten Simalungun, diketahui berprofesi sebagai tukang kusuk. Namun, ia juga memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk membudidayakan cabai rawit dan berbagai jenis sayuran sebagai kegiatan sampingan.

Baca juga: Imbas Diserang Hama, 300 Hektar Sawah di Kecamatan Sihapas Barumun Palas Terancam Gagal Panen

Saat dikonfirmasi di lokasi kebunnya, Sungkono menjelaskan bahwa setiap hari ia merawat tanaman cabai dan sayuran sambil menunggu panggilan dari orang yang membutuhkan jasanya sebagai tukang kusuk.

“Setiap hari saya di kebun ini merawat tanaman sambil menunggu telepon dari orang yang hendak di kusuk,” ujar Sungkono, Senin (26/8/24).

Ia menambahkan bahwa hasil dari budidaya cabai dan sayur-sayuran ini sangat membantu kebutuhan keluarganya, termasuk biaya pendidikan anak-anaknya.

Baca juga: Dinas TPH Sumut Imbau Petani Waspadai Cuaca Ekstrem

“Alhamdulillah, dari hasil tanam saya ini, cabai dan sayuran bisa membantu kebutuhan keluarga, dan dari sini saya bisa mendapatkan sekitar 3 jutaan per bulan,” ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan, Sungkono yang memiliki dua anak dan seorang istri terlihat hampir setiap hari merawat tanaman cabai rawit dan sayuran di kebunnya.

Usaha ini tidak hanya memberikan penghasilan tambahan yang signifikan, tetapi juga membuktikan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan bagi warga di daerah tersebut. (iskandar/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles