21.9 C
New York
Monday, August 26, 2024

Kim Jong Un Pamer Drone Bunuh Diri Terbaru Korut

Pyongyang, MISTAR.ID

Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un memamerkan pesawat nirawak atau drone bunuh diri terbaru, yang mereka peroleh dari sekutunya Rusia. Kim terlihat kegirangan saat menggunakan teropong canggih, menyaksikan secara langsung drone bunuh diri tersebut meledakkan target.

Kim mengatakan, negaranya perlu untuk mengembangkan dan memproduksi lebih banyak pesawat nirawak bunuh diri, selain drone pengintaian strategis dan serang multiguna,

Dilansir AFP, drone bunuh diri ini adalah drone tak berawak pembawa bahan peledak, yang dirancang untuk secara sengaja ditabrakkan ke target musuh. Drone ini juga secara efektif berfungsi sebagai peluru kendali.

Media pemerintah Korut KCNA menyebutkan, armada pesawat nirawak Korut yang bersenjata nuklir akan digunakan dalam jarak sedang, untuk menyerang musuh di darat dan laut.

Baca Juga : Kim Jong Un Instruksikan Militer Korut Siaga Bertempur

KCNA juga menyebut semua pesawat nirawak yang diuji Korut pada 24 Agustus kemarin mampu mengidentifikasi dan menghancurkan target yang ditentukan dengan benar, setelah terbang di sepanjang rute yang sudah ditentukan.

Selain itu, Kim Jong Un juga mengatakan negaranya bakal berupaya secara proaktif memperkenalkan teknologi kecerdasan buatan ke dalam pengembangan pesawat nirawak ini.

Selain diduga disponsori Rusia, sebagian pengamat lain mengatakan drone Korut itu mirip drone bunuh diri HAROP buatan Israel, Lancet-3 buatan Rusia, dan HERO 30 buatan Israel.

Meski begitu, Korut kemungkinan besar memperoleh teknologi ini dari Rusia. Pyongyang dan Moskow telah menjadi sekutu sejak berdirinya Korea Utara setelah Perang Dunia II dan semakin dekat sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 2022 lalu. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles