23.3 C
New York
Monday, August 26, 2024

Pilkada Simalungun 2024, Demokrat Dukung Petahana

Simalungun, MISTAR.ID

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Simalungun resmi menyatakan dukungan mereka kepada calon petahana, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS).

Keputusan ini disampaikan oleh Ketua DPC Partai Demokrat Simalungun, Johannes Sipayung, saat dihubungi mistar.id, pada Senin (26/8/24).

“Setelah melalui berbagai pertimbangan dan konsultasi dengan seluruh pengurus, tadi malam diputuskan untuk mendukung calon petahana dalam Pilkada 2024. Kami yakin, beliau mampu melanjutkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Simalungun,” ujarnya.

Baca juga:Hanura Resmi Usung Anton-Benni di Pilkada Simalungun

Sesuai rekomendasi DPP, Johannes bilang, partai berlambang mercy itu memasangkan RHS dengan Azi Pratama Pangaribuan. “Itu rekomendasi dari pusat, tadi malam kita terima,” katanya.

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) baru-baru ini terkait Pilkada, partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu tidak dapat mengusung calon sendiri. Di mana berdasarkan suara sah di Simalungun pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 sebanyak 498.738 suara.

Sesuai dengan putusan MK, syarat untuk mengusung calon kepala daerah (cakada) di wilayah Habonaron do Bona adalah 7,5 % x 498.738, sama dengan 37.406 suara, sedangkan Partai Demokrat meraih 36.700 suara.

Sementara itu, Johannes bilang, saat ini terdapat 7 partai yang mendukung pasangan disebut. “Sesuai arahan (DPP), kita ditugaskan untuk memenangkan pasangan itu. Informasi terakhir ada 7 partai (yang mendukung),” sebut Wakil Ketua DPRD Simalungun ini.

Baca juga:Selain Herry Chandra, Ramadhani Purba Kandidat Wakil Radiapoh di Pilkada Simalungun

Kendati demikian, ia enggan untuk menjabarkan apa saja partai yang dimaksud di atas. “Nanti saja sewaktu pendaftaran, intinya kita (Demokrat Simalungun) siap menjalankan arahan DPP. Kalau waktu untuk mendaftar (ke KPU), nanti disesuaikan, sudah diatur RHS,” ujarnya.

Penelusuran mistar.id, sosok pasangan RHS disebut pernah mencalon sebagai DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Daerah Pemilihan (Dapil) 10 dari Partai Gerindra pada Pileg 2024.

Selain Azi, beberapa sosok lainnya juga telah dipasangkan dengan petahana. Seperti PDI Perjuangan yang merekomendasikan RHS dan Herry Chandra.

Ketua PDIP Kabupaten Simalungun, Samrin Steven Girsang sebelumnya mengatakan, Radiapoh dan Herry Chandra merupakan pasangan yang ideal, sehingga menyetujui keduanya maju dalam Pilkada Simalungun.

Baca juga:Gerindra dan NasDem Bakal Berkoalisi Usung Anton-Benny di Pilkada Simalungun

Selain itu, pasangan Radiapoh Sinaga dengan Ramadani Purba, resmi diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Pilkada Tahun 2024 Kabupaten Simalungun. Selain PKS, Partai Gelora Simalungun juga mengusung nama yang sama untuk maju dalam Pilkada Simalungun.

Ketua Partai Gelora Kabupaten Simalungun, Nardi Darma membenarkan terkait nama Radiapoh dan Ramadhani Purba yang diusung pihaknya di Pilkada Simalungun 2024.

“Benar. Tapi masih dinamis. Apalagi dengan adanya putusan MK ini. Kita lihat lah beberapa hari ke depan,” ujar Nardi, pada Rabu (21/8/24) lalu. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles